KCN Method: Solusi Untuk Masalah Fisik & Psikis

December 22, 2013 oleh 2 Komentar
Kategori: Dzikir, Do'a & Terapi 
KCN Method: Solusi Untuk Masalah Fisik & Psikis

Berikhtiar & Bertawakkal

Sahabat, persoalan hidup datang silih berganti, demikian pula dengan persoalan yang dihadapi oleh sekian banyak orang yang berkunjung ke blog ini. Tapi memang demikianlah Allah mengatur, persoalan tidak serta merta sekedar persoalan, tapi ada makna, rahasia, atau hikmah yang besar di dalamnya, diantaranya adalah supaya kita yang “Lupa” bisa kembali mengingat-Nya. Disamping itu, dengan persoalan yang ada, kita pun bisa saling mengenal satu sama lain, dan barangkali itulah juga sebabnya KCN Method: Solusi Untuk Masalah Fisik & Psikis ini terbentuk.

Dilatar-belakangi dengan postingan artikel saya tentang beragam do’a serta pengalaman melakukan terapi melalui dzikir dan do’a beberapa waktu yang lalu, yang membuat makin banyak orang mengontak saya guna membantu memecahkan masalah-masalah yang mereka hadapi, diantaranya seperti: jodoh yang tidak kunjung tiba, masalah rumah tangga dan perceraian, masalah antara anak dan orang tua, bahkan masalah-masalah yang ada kaitannya dengan penyakit fisik dan psikis yang sudah berat.

Dengan latar belakang di atas, saya tetap menyadari bahwa saya bukanlah Tuhan semesta alam, yang bisa serta merta berkata, “Persoalanmu selesai” atau “Kamu sembuh”, saya hanya manusia biasa seperti juga Anda, tidak mempunyai kekuatan apa-apa, kecuali hanya bisa memberi bantuan dengan rangkaian dzikir atau do’a sebagai sarana untuk mendekatkan diri dan memohon pertolongan kepada-Nya. Dia-lah yang berkuasa memberikan beragam masalah, namun juga berkuasa untuk memberikan jalan keluar/solusinya.

Namun oleh karena itu pulalah, maka untuk memaksimalkan ikhtiarnya, saya pun tak tinggal diam dan tidak merasa cukup dengan pengetahuan atau keterampilan yang telah ada, namun saya terus belajar guna menambah terus pengetahuan berkenaan dengan teknik pemecahan masalah, terapi atau pengobatan, baik secara fisik maupun psikis, sehingga pada akhirnya KCN Method ini terbentuk.

Apakah KCN Method atau Metoda KCN Ini?

Metoda ini merupakan metoda untuk menemukan solusi serta terapi dengan menggabungkan beberapa teknik populer yang sudah biasa digunakan. Supaya jelas nama metodanya, maka untuk sementara (atau mungkin jangka lama) saya sebut saja Metoda KCN atau KCN Method, dimana KCN sendiri merupakan singkatan dari panggilan Sunda dan nama lengkap saya. Hehehe, boleh kan? 😉

KCN Method bukanlah teknik yang baru, namun merangkaikan beberapa teknik yang sudah ada dan sering kita jumpai orang-orang gunakan di seluruh dunia, diantaranya:

  1. Dzikir dan Do’a melalui Ilmu Laduni. Ijazahnya saya peroleh secara resmi dengan garis keguruan yang berkesinambungan, sehingga dapat dipertanggungjawabkan nilai keilmuan serta keabsahannya. Dalam hal ini saya diijazah oleh salah seorang guru pewarisnya bernama Bpk. Gatot Suhardi.
  2. Teknik SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique). Merupakan perpaduan antara ilmu Akupuntur dan Psikologi yang disempurnakan dengan sentuhan Spiritual dan bersifat universal. Sebagai karya intelektual anak bangsa bernama H. Ahmad Faiz Zainuddin, S.Psi, M.Sc. Dimana beliau menggabungkan 15 macam teknik terapi yang telah dikenal luas di dunia, yaitu: Cognitive Therapy (NLP), Behavioral Therapy, Logotherapy, Psychoanalysis, EMDR, Self Hypnosis (Erickssonian), Suggestion & Affirmation, Visualization, Gestalt Therapy, Meditation, Sedona Method, Provocative Therapy, Energy Therapy (EFT), Powerful Prayer, dan Kindness Therapy. Kaitannya dengan SEFT, maka sertifikat resmi sebagai seorang SEFTer telah saya miliki.
  3. Terapi Kedamaian Hati dengan Al-Qur’an. Saat Al-Qur’an kita baca secara tartil, tidak tergesa-gesa, maka kedamaian dan ketenangan hati dapat langsung kita rasakan, meskipun kita sendiri tidak tahu arti dari ayat-ayat Al-Qur’an yang kita baca. Dengan begitu, insyaAllah masalah yang dihadapi atau penyakit yang diderita juga akan terasa berkurang penderitaannya. Dalam pelaksaannya, kita akan membaca AL-Qur’an bersama-sama.

Alhamdulillah, semua teknik di atas dapat terangkai dengan indah, berurutan, dan saling melengkapi. Misalnya pada saat melakukan terapi, maka secara garis besar teknisnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama. Saya membaca dzikir dan beberapa ayat Qur’an sebagai kunci pembuka (ditemui dalam terapi ilmu Laduni).
  • Kedua. Saya membacakan dzikir atau do’a ke dalam segelas air minum, dan kemudian airnya diminum oleh klien/pasien (ditemui dalam terapi ilmu Laduni & SEFT).
  • Ketiga. Saya membimbing klien/pasien untuk melakukan dzikir dan do’a (ditemui dalam terapi ilmu Laduni & SEFT), diiringi dengan melakukan ketukan (totok) ringan pada titik-titik kunci dari The Major Energi Meridians (ditemui dalam SEFT).
  • Keempat. Klien/pasien membaca istighfar sekitar 5 menit, lalu diakhiri dengan membaca Surah Al-Fatihah (ditemui dalam terapi ilmu Laduni).
  • Kelima. Saya membaca dzikir dan beberapa ayat Qur’an sebagai kunci penutup (ditemui dalam terapi ilmu Laduni).
  • Adapun membaca Qur’an bersama, atau jika perlu ditambah dengan obrolan ringan guna saling mengingatkan, saling menasehati diantara kita, saling memotivasi dan menginspirasi, maka hal tersebut dilakukan jika memang waktu dan kondisinya memungkinkan.

Masalah atau Penyakit Yang Bisa Diupayakan Oleh KCN Method

Diantara masalah atau penyakit fisik maupun psikis yang bisa diupayakan solusinya dengan penggunaan Metoda ini diantaranya adalah:

Masalah Fisik: Sakit kepala/migrain, maag akut,  hypertensi, asma,vertigo, nyeri punggung, sakit jantung, kanker, penyembuhan pasca stroke, dan lain-lain.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Masalah Emosi: Phobia terhadap ketinggian, takut jarum suntik, takut darah, takut karet gelang, takut air, bau makanan, depresi/trauma, moody, sulit tidur, mudah marah, mudah tersinggung, dendam, perselingkuhan, dan lain-lain.

Pengalaman atau Emosi Negatif: Rasa sedih, rasa bersalah, malu, takut, marah, kecewa, khawatir, iri hati, dan sebagainya.

Hambatan Mental: Kurang percaya diri, minder, grogi, takut gagal, takut ditolak, suka menunda-nunda pekerjaan, terbelenggu dengan keinginan/kecanduan merokok, narkoba dan 0bat-obatan terlarang, padahal ingin berhenti.

Masalah Keluarga: Rasa kecewa karena pasangan, anak, orang tua, kerabat, keluarga tidak bersikap seperti yang diharapkan. Hilangnya romantisme atau rasa cinta, ingin selingkuh, rasa takut kehilangan, rasa terlalu posesif. Ikhtiar untuk mendapatkan mendapatkan jodoh, keturunan, dll.

Masalah Anak dan Remaja: Ngompol (enuresis), suka berbohong, gagap, hiperaktif, autis, pemalu, manja berlebihan, dan sangat bergantung dengan orang tua. Gangguan konsentrasi belajar, prestasi belajar rendah, mudah emosi (perasaan takut, cemas, marah, sedih, dll.), tidak mau menurut, membangkang, suka memberontak, mudah tersinggung, cemburu yang berlebihan, merokok, dsb.

Masalah di Sekolah: malas belajar, mempelajari pelajaran yang dibenci, menghadapi guru atau dosen killer, nervous menjelang ujian, serta mengendalikan emosi untuk meraih prestasi yang tinggi.

Pengendalian Diri: Mengendalikan emosi negatif yang sering kali muncul saat timbul konflik, seperti ketidakjujuran, kecewa, marah, dendam, apatis, pesimis, egois, tidak berempati, sukar memahami perasaan orang lain, dll.

InsyaAllah klien atau pasien yang mengikuti terapi bisa sembuh total, atau jika tidak, masalah atau penyakit yang dialaminya akan terasa lebih ringan. Akan tetapi saya “Tidak Menjanjikan”, karena apa yang saya lakukan hanyalah ikhtiar, adapun hasilnya merupakan Hak Allah. Saya sendiri pun tidak menggantungkan kepada teknik-teknik yang saya gunakan, namun semata-mata hanya bergantung kepada Ke-Mahakuasa-an Allah, karena Dia-lah Yang Berkuasa atas segala sesuatu, baik urusan kecil maupun besar. Jika Allah telah Berkehendak, apa yang tidak mungkin bukan??? Namun jika Allah belum berkehendak, maka itulah yang terbaik menurut Allah.

Semoga KCN Method: Solusi Untuk Masalah Fisik & Psikis ini bisa membawa berkah dan manfaat bagi semua. Aamiin… ~Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

2 tanggapan untuk “KCN Method: Solusi Untuk Masalah Fisik & Psikis”
  1. rosiana says:

    Assalamu’alaikum pak cepi
    Saya mau tanya,d mana saya bisa menemukan terapy kcn method ini ….
    Saya mau konsultasi tetang masalah dan penyakit saya selama ini ……
    Saya tinggal d sukabumi-palabuhanratu
    Ada kontak yg bisa saya hubungi tidak
    Terima kasih

    Wassalamu’alaikum

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Teh Rosiana,
    wa’alaikumussalam…

    Untuk terapi dan konsultasi (ngobrol tepatnya), silahkan lihat di http://rumahcahaya.com/kontak/ ya…

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!