Jasa Setting Komputer

Desain grafis dalam dunia percetakan biasa dikenal dengan istilah setting komputer. Mungkin hal tersebut dikarenakan pekerjaan desain grafis adalah pekerjaan yang biasa menyetting dan mengatur naskah-naskah atau gambar-gambar desain dalam format tertentu, baik dalam bentuk, ukuran, estetika, dan sebagainya.

Para pebisnis percetakan tidak semuanya dibekali dengan keahlian mendesain grafis. Untuk keperluan bisnis cetaknya, sebagian dari mereka mengandalkan jasa seseorang yang benar-benar mempunyai keahlian dalam bidang desain grafis tersebut, dan tentu saja desain yang erat kaitannya dengan dunia percetakan. Hal ini tentu merupakan sebuah peluang bisnis atau peluang usaha kecil, terutama bagi orang-orang yang mempunyai keahlian ataupun hobi dalam merancang atau mendesain grafis.

Penghasilan seseorang yang membuka usaha di bidang jasa setting computer bisa dibilang cukup lumayan. Tiap file hasil desain ataupun tiap lembaran kertas HVS, atau kertas kalkir hasil setting tersebut sangat menggiurkan. Bayangkan saja, ongkos tiap lembar hasil setting computer jika dibandingkan dengan ongkos tiap lembar hasil jasa pengetikkan selisihnya biasa mencapai Rp. 4500 per lembar kertas folio. Sedangkan dalam sehari bisa berpuluh-puluh orang yang datang mengantri untuk memakai jasa setting computer tersebut untuk setiap desainer setting, dan per-orangnya rata-rata membuat naskah setting di atas 1 lembar atau di atas 1 desain. Lumayan bukan? Padahal modal yang dikeluarkan tidak seberapa: cukup seperangkat komputer sebagai modal awal, sewa tempat (apalagi jika tempat milik sendiri), iuran listrik, selebihnya hanya kertas-kertas folio, kertas kalkir, tinta printer, atau CD kosong yang harganya tidak seberapa jika dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh.

Tertarik dengan bisnis ini, atau masih mencari tempat yang membuka lowongan desain grafis untuk menjadi karyawannya?

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Bila Anda merasa tertarik dengan bisnis ini, maka bekali diri Anda dengan ilmu desain grafis, persiapkan perlengkapan usaha, cari tempat usaha yang berpotensi dan memiliki target market yang potensial, terutama di wilayah-wilayah dimana banyaknya pebisnis percetakan di sana… dan “segera memulainya…”

Semoga bermanfaat…!!!

Artikel terkait:

Komentar

22 tanggapan untuk “Jasa Setting Komputer”
  1. E.Rusmana says:

    Ass. Kang Cepi….kang saya mau belajar dan ingin terjun di dunia usaha percetakan saya ingin belajar sama akang bisa ngga ? dan kalo boleh saya minta e-mail akang terimakasih.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Wa’alaikum salam kang Rusmana..
    Boleh saja akang belajar tentang usaha percetakan lewat saya, tetapi sebatas apa yang saya bisa yaa.. dan sebaiknya belajarnya lewat chatting aja di Yahoo Messenger. Add ID saya: netpreneur01

    [balas komentar di sini]

  2. Abubakar says:

    assalmu alalikum…
    saya Buat usaha nie..di bidan percetakan…
    usaha saya yang saya rintis. percetakan skala menengah, kendala saya..mencari mesin
    cetak yang sesuai dengan Bajet.
    tolong di infokan Mesin cetak kertas. dengan type dan skla mesin trsebut….?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Abubakar, wa’alaikumussalam..
    Anggaran yang Bapak sediakan berapa pak?, supaya saya bisa mereferensikan mesin cetak yang sesuai dengan anggaran yang Bapak miliki.

    [balas komentar di sini]

  3. arief wahyudi says:

    Assalamu’alaikum pa cepi…
    sy bru saja bekerja di sbuah perctakan yang baru mulai beroprasi..
    dan saya sebagai opr. settingnya.
    kalau boleh sy mnta data-data desain undangan baik separasi maupun yg untuk keperluan cetak mesin toko / satu warna.
    sy bnar2 sangat membutuhkan bantuan dari pa cepi..
    terima kasih.
    Wassalamu’alaikum

    [balas komentar di sini]

  4. desmiawan says:

    ass kang Cepi …salam kenal ….gimana kiat kiat spy usaha desain grafis tetap jalan terus,dengan banyaknya competitor…..mkasih sebelumnya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Desmiawan, wa’alaikum salam.. dan salam kenal kembali.
    Supaya usaha desain grafisnya bisa tetap jalan di tengah banyaknya pesaing/competitor, maka pelayanan terhadap konsumen/pelanggan harus lebih baik dari mereka, karena konsumen/pelanggan selalu menginginkan pelayanan terbaik.
    Masing-masing orang diciptakan Allah dengan rezekinya masing-masing, maka senantia berdo’alah kepada-Nya agar datangnya rezeki kita juga senantiasa selalu dimudahkan oleh-Nya.

    [balas komentar di sini]

  5. Lick Ikus says:

    Maaf Pak Cepi… Aku di Purbalingga Jawa Tengah ingin tanya Mengenai E-book yang Bapak tawarkan apa sudah lengkap sampai detil-detil tentang percetakan ? Cara pembayaran E-booknya bagaimana ?
    Terima kasih banyak..?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu/Bapak Lick Ikus,
    Silahkan untuk berkunjung ke webnya tersendiri di Usaha Percetakan ini (klik). Cara pembayarannnya akan Ibu/Bapak ketahui setelah Ibu/Bapak mengisi form pemesanan di website saya tersebut.

    [balas komentar di sini]

  6. tajudin afghany says:

    Assalamu’alaikum wr.wb………………………..
    sebelumnya salam kenal dari saya,saya mw tanya gimana langkah awal untuk dpat mendirikan usaha Percetakan????

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak/Mas Tajudin, wa’alaikumussalam wr. wb. dan salam kenal kembali…..
    Langkah awalnya, tentu kita harus mengetahui bagaimana caranya serta dimana tempatnya untuk membuat barang cetakan tersebut dari awal hingga akhir, serta harus mengetahui bagaimana caranya mendatangkan order cetakan dari konsumen. Informasi lengkapnya silahkan klik UsahaPercetakan.Biz

    [balas komentar di sini]

  7. seus says:

    Kang Cepi…

    Kang klo ada project tong hilap ka abdi nya…. hehehhe.. siapa tau bisa bantu 🙂

    [balas komentar di sini]

  8. hamdan says:

    kang cepy kalo ada teman yang kebingungan tentang order cetak sim kuring tiasa bantu kang,bade cetak buku,agenda,kalender,hang tag,continuous form,kalender,buku tabungan konvensional buat bank.dll….insya alloh harga mah pasti lebih murah kalo disolo mah kang….siapa tahu kita bisa saling bantu ya…..ini telpon saya 0271 7652688, cekap sakitu kang

    [balas komentar di sini]

  9. imam rifai says:

    sy sdh menjalankan ush percetakan kecil/makelar tdk punya mesin yg penting usaha bisa dpt orderan, ada kendala di desain biasanya sy lempar ke jasa settingan lama menunggu & kadang hasilnya kadang tdk sesuai yg kita hrpkan dr keinginan konsumen hrs bolak balik di desain,shgga sy coba beli komputer printer laser&infus,scanner sangat membantu menyingkat waktu kerja sambil belajar desain..sekalian bisa buka tambahan usaha settingan komputer karna hasilnya lumayan..

    [balas komentar di sini]

  10. yuli says:

    Assalamualaiku wr wb
    Pak adakah informasi sebagai setting / disain grafis via online? Dan adakah penerbitan yg menggunakan jasa setting buku online?mohon informasinya
    Wassalamualaikum wr wb

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Yuli, wa’alaikumussalam wr. wb.
    Saya belum tau informasinya ya… Yang baru saya tau.., ada juga bisnis drop shipping e-Bay, dimana kita bisa memanfaatkan keahlian desain kita untuk berbisnis di sana..

    [balas komentar di sini]

  11. Ilyas Mawardi says:

    Assalamu’alakum kang….. lagi nganggur nih. bisa nyariin peluang kerja di bidang setting computer ga?

    [balas komentar di sini]

  12. Samsul Munawar says:

    Assalamu’alaikum Kang
    Saya tertarik dengan usaha akang
    gimana kalo saya kursus web sama akang
    berapa biayanya kang
    bisa gak kita kopi darat
    terima kasih
    Wassalam

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Samsul,
    wa’alaikumussalam..

    Akang tinggal dimana?
    Kalau dekat mungkin kira bisa sekedar ngobrol-ngobrol dulu…

    [balas komentar di sini]

  13. avest says:

    saya punya keahlian di bidang setting setting sprti ini, menggunakan corel draw,photoshop,dll,, namun saya ga tau langkah awal untuk buka usaha setting ini. jika ada orang atau wadah untuk mempertemukan saya dengan klien secara online, saya siap bergabung,

    [balas komentar di sini]

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. […] Setting Komputer: format yang akan dibuat pada barang cetakkan.. ukuran, naskah, serta desain grafisnya ditentukan di sini, dan biasanya diakhiri dengan diprint di kertas folio, kertas kalkir, atau film sparasi. […]

  2. […] Layout: Desain yang nantinya akan kita proses ke percetakan. Semua bentuk desain grafisnya nanti di desain dip roses ini, dan biasanya diakhiri dengan diprint di kertas folio, kertas kalkir, atau film sparasi. […]



Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!