Jangan Anggap Remeh Order Kecil..!!

Sebagai pencari nafkah, adakalanya para wiraswastawan atau para entrepreneur tidak berkenan untuk menerima pesanan-pesanan atau order barang dalam jumlah sedikit/kecil.

Sekilas memang alasannya masuk akal, dengan pesanan yang sedikit maka keuntungan atau pendapatan yang diperoleh pun tidak seberapa atau malahan habis untuk biaya transport. Sedangkan untuk menjual barang yang dipesan dengan harga yang lebih tinggi, dikhawatirkan konsumen akan kecewa dan berhenti berlangganan.

Tapi jika dikaji lebih jauh, maka alasan tersebut adalah kurang tepat. Kenapa? ya.. karena saya telah mempunyai sedikit pengalaman yang berkenaan dengan hal tersebut dan saya yakin orang lain pun banyak yang mempunyai pengalaman yang serupa. Begini ceritanya:

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Pada suatu saat saya kedatangan serombongan tamu.. Disamping ada keperluan lain, para tamu tersebut memesan sejenis barang kepada saya dikarenakan saya sedikit menguasai proses pembuatan barang tersebut. Waktu itu saya sebenarnya agak malas juga menerima pesanan itu dikarenakan jumlahnya yang sedikit, dan setelah dihitung-hitung… keuntungan yang akan didapat pun jumlahnya tidak akan seberapa serta tidak sebanding dengan jerih payah yang akan saya lakukan Tapi.., karena malu jika harus menolak, serta saya pun berharap akan ada pesanan lain yang jumlahnya lebih besar dikemudian hari, maka sayapun menerima dan memenuhi pesanan tersebut.

Dan memang akhirnya harapan saya pun menjadi kenyataan. Tidak berapa lama kemudian ia memesan jenis barang yang serupa dengan jenis barang yang dipesan sebelumnya, dan kali ini pesanan adalah untuk salah seorang rekan usahanya, dengan jumlah yang jauh lebih besar dari pesanan sebelumnya, kontinyu (terus-menerus), dan dengan keuntungan yang lumayan pula.

Tapi… ada keuntungan yang lebih besar lagi yang saya peroleh, yaitu antara saya, ia, dan juga rekan usahanya tersebut telah tertanam sesuatu yang indah: kepercayaan, silaturrahmi dan kekeluargaan yang hingga kini terus terjalin erat, dan saya pun berharap hal demikian bisa terus berlangsung hingga hari akhir nanti, di sebuah tempat kebahagiaan yang abadi… Semoga..!!!

Mudah-mudahan bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel Terkait:

Bagikan Artikel...

Komentar

One Response untuk “Jangan Anggap Remeh Order Kecil..!!”
  1. Fafa says:

    ya kalau lagi sepi kerjaan’……. klo lagi banyak..? pasti akan malesssss…

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!