Investasi Waktu & Cara Meningkatkan ROI

November 18, 2013 oleh Kirimkan Komentar
Kategori: Tanpa Kategori 
Investasi Waktu & Cara Meningkatkan ROI

Investasi Waktu

Sahabat Rumah Cahaya, saya bukanlah seorang pakar dalam hal investasi, namun ada sebuah artikel menarik berbahasa Inggris yang saya kira akan sangat bermanfaat bagi kita. Setelah saya terjemahkan dan lakukan sedikit perubahan, maka saya kasih judulĀ Investasi Waktu & Cara Meningkatkan ROI. Semoga saja setelah membacanya, kita bisa lebih menghargai umur kita, hidup kita, serta sisa-sisa waktu yang kita miliki. Aamiin..

Return on Investment (ROI) adalah istilah yang sering kita dengar, biasanya berat kaitannya dengan bidang bisnis dan keuangan. Tujuannya jelas, untuk memaksimalkan pengembalian uang yang kita investasikan. Implikasi dari konsep ini bila kita pikirkan ini lebih jauh, malah waktulah yang bisa dianggap sebagai investasi yang lebih utama daripada sekedar uang. Segala sesuatu yang kita lakukan adalah investasi waktu. Ketika kita menonton televisi, kita telah membuat investasi untuk kebutuhan hiburan. Namun jika yang ditonton adalah acara yang sia-sia dan membosankan, maka kita telah membuat investasi yang buruk dan menerima kerugian untuk waktu yang kita luangkan.

Dalam banyak hal, waktu jauh lebih berharga daripada uang. Kita akan selalu punya kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak uang, akan tetapi sekali saja waktu yang dihabiskan untuk kesia-siaan, maka hal itu telah hilang dan tidak mungkin akan kembali untuk selamanya. Ketika kita memikirkan waktu sebagai komoditas, dan semua tindakan yang kita lakukan sebagai investasi, maka hal ini akan mengubah cara pandang kita setiap hari dalam mengambil berbagai keputusan.

Kita terbiasa menghabiskan waktu dalam berbagai cara, seperti bekerja, makan, tidur, olahraga, hiburan, dll. dan semuanya itu penting. Namun, ketika kita mulai berinvestasi terlalu banyak di satu area, dan tidak cukup bagi area lainnya, maka kita telah menciptakan masalah buat diri kita sendiri. Kuncinya adalah menginvestasikan waktu dengan cara yang adil dan sempurna dengan jumlah saldo yang sesuai untuk masing-masing area, serta membentuk kehidupan yang produktif dan menyenangkan.

Bagaimana Cara Untuk Menginvestasikan Waktu?

Memutuskan bagaimana menginvestasikan waktu kita merupakan tugas berat. Tidak seperti bisnis, tidak ada persentase atau spreadsheet untuk referensi. Kita harus mengandalkan pengalaman dan intuisi. Mungkin kita pun sangat jauh dari menguasai bidang ini, akan tetapi beberapa cara berikut mungkin bisa kita gunakan sebagai pemandu dalam mengambil keputusan.

Carilah Hal-hal Positif

Melakukan beberapa hal yang positif merupakan kegiatan yang menghasilkan return positif di lebih dari satu area. Hal ini bernilai besar untuk ROI, karena akan terus berkembang biak dan menimbulkan dampak kerugian yang lebih sedikit. Salah satu contoh positif seperti apa yang bekerja pada situs blog ini. Blog ini cukup menghibur pemiliknya. Meskipun hanya memberikan kontribusi yang kecil, namun terus menumbuhkan aliran pendapatan. Juga dapat berguna untuk mengembangkan beberapa keterampilan terkait, misalnya saja saya akan dapat menggunakan sisa hidup untuk menulis, mendesain web, dan sebagainya.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Setiap individu akan memiliki beberapa hal positif yang berbeda, bagian pentingnya adalah menemukan orang-orang yang bisa bekerja untuk kita. Beberapa hal positif bagi para pengembang perangkat lunak mungkin dengan jalan bekerja pada open source atau bekerja pada proyek-proyek pribadi yang mereka miliki.

Menghindari Hal-hal Negatif

Hal-hal yang negatif tentunya merupakan kebalikan daripada hal-hal yang positif. Merupakan kegiatan yang dapat mengurangi peran kita dalam berbagai bidang kehidupan. Diantara contoh hal negatif adalah seperti keluar malam untuk pergi minum-minuman keras. Hal ini bisa menyakiti kita dalam tiga cara: waktu yang dihabiskan tidak produktif, minuman yang mahal dan tidak bagus untuk kesehatan fisik dan mental, serta efek dari begadang atau tidur larut malam yang membuat kepala pusing, dan biasanya dirasakan hingga beberapa hari berikutnya. Hal ini pada dasarnya merupakan skenario yang teramat buruk.

Bukan berarti bahwa kita tidak boleh pergi keluar rumah untuk mendapat hiburan dan bersenang-senang, karena untuk menjadi bahagia kita pun membutuhkan sosialisasi dan kegembiraan. Yang dimaksud di sini adalah bahwa kita harus selalu mencoba untuk melakukan hal yang positif serta meminimalkan dampak negatif dari setiap tindakan kita. Seringkali yang terjadi adalah kita terjebak dalam pola investasi yang buruk. Seiring dengan berjalannya waktu, kemanfaatan semakin memudar, dan yang tersisa adalah lebih banyak hal negatif dan tidak bermanfaat, dimana kita terus saja melakukannya karena sudah menjadi kebiasaan. Hal ini sebenarnya dapat dihindari secara berkala dengan menganalisis perilaku kita. Apakah masih tetap melakukan investasi yang baik, atau sudah waktunya untuk melakukan perubahan?

Bila kita menginvestasikan uang, maka kita akan mendapatkan prosentase bagi hasil. Kemudian kita mulai mendapatkan uang dari bagi hasil tersebut. Selama bertahun-tahun hal ini akan terus berjalan dan pada akhirnya mengarah pada jumlah uang yang sangat besar. Konsep yang sama berlaku juga untuk waktu. Jika kita menginvestasikan waktu dengan bekerja keras dan cerdas ketika masih muda, kita telah menempatkan diri kita dalam posisi untuk berhasil yang akan terus menambahkan keberhasilan hingga sisa hidup kita. Dan sebaliknya, jika kita banyak membuang waktu ketika masih muda, maka kita tidak akan mendapatkan hal itu di kemudian hari, karena kita telah kehilangan kesempatan.

Banyak orang gagal atau pura-pura tidak menyadari akan hal ini. Alasan utamanya adalah bahwa kita telah terjebak dalam pola pikir kekanak-kanakan. Sebagai seorang anak, tanggung jawab kita hanya menghibur diri sendiri. Kita tidak perlu khawatir tentang investasi waktu kita karena ada orang tua kita yang merawat kita, dimana mereka biasanya akan merasa senang selama kita tetap bisa keluar dari kesulitan. Banyak pula orang yang berpikir bahwa waktu mereka tidaklah berharga ketika mereka tidak bekerja, sehingga mereka membuangnya pada kegiatan yang memiliki return yang buruk pada investasi dan tidak membangun masa depan.

Jika kita ingin mendapatkan kekayaan yang akan memberikan kebebasan untuk menjalani gaya hidup yang ideal, maka mulailah memikirkan setiap keputusan sebagai investasi. Salah satu model mental yang dapat membantu kita untuk membuat keputusan yang lebih baik, adalah dengan cara membayangkan bahwa hidup kita adalah sebuah perusahaan dan kitalah karyawan satu-satunya. Jika kita adalah CEO, dan diwajibkan untuk memaksimalkan keuntungan atas nama investor, apa yang akan diri kita lakukan? Kita akan menemukan bahwa hal ini adalah semacam analisis untuk menyederhanakan banyak keputusan dan meningkatkan laba atas investasi.

Sahabat-sahabat, demikianlah artikel mengenai Investasi Waktu & Cara Meningkatkan ROI ini. Sekali lagi, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua… ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!