/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Berbagai macam merk dan tipe handphone GSM dan CDMA yang telah menyediakan fasilitas modem internet di dalamnya. Di sini saya hanya akan memberikan beberapa buah contoh saja dari merk dan tipe handphone yang bisa digunakan untuk koneksi internet ke komputer, baik Personal Computer atau Note Book/Laptop.

Kenapa saya hanya akan memberikan beberapa buah contoh saja, padahal banyak sekali merk dan tipe handphone yang telah memiliki fasilitas/fitur modem? 🙂

Ilmu Kontak Batin Kontak Rasa telepati

Jawabnya… Karena baru inilah yang telah saya coba atau telah ketahui sendiri, dan saya telah berhasil melakukan akses internet ke PC atau Note Book lewat merk dan tipe handphone-handphone tersebut sebagai modem internetnya, juga karena saya tidak ingin memberikan informasi yang salah.

Banyak sekali artikel-artikel di beberapa halaman website yang memberikan contoh beragam merk dan tipe handphone yang bisa digunakan sebagai modem internet, padahal sesungguhnya mereka belum mencoba semuanya. Mereka hanya memperkirakan handphone-handphone tersebut bisa digunakan sebagai modem internet hanya karena telah terdapat fitur GPRS di dalamnya (untuk handphone GSM). Padahal.. tidak semua handphone yang memiliki fitur GPRS… juga memiliki modem di dalamnya. Adapun akses internet yang bisa dilakukan oleh handphone GPRS (tanpa modem) adalah semata-mata hanya menjadikan GPRS tersebut sebagai perangkat akses datanya, dan itupun hanya bisa dilakukan lewat handphone, tidak bisa lewat PC atau Note Book.

Inilah beberapa merk dan tipe handphone yang bisa digunakan sebagai modem internet tersebut:

  • Nokia 2115: Akses internet dengan operator CDMA
  • Nokia 2116: Akses internet dengan operator CDMA
  • Nokia 6610: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS)
  • Nokia 2630: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS)
  • Motorola C380: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS)
  • Motorola C631: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS)
  • Siemens C75: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS)
  • Siemens A60: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS)
  • Sony Ericsson K610i: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan Jaringan GPRS dan jaringan 3G/UMTS)
  • Sony Ericsson K608i: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS dan jaringan 3G/UMTS)
  • Sony Ericsson K550i: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS)
  • Sony Ericsson W200i: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS)
  • Samsung Z170: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS dan jaringan 3G/UMTS)
  • LG KT610: Akses internet dengan operator GSM (mengandalkan jaringan GPRS dan jaringan 3.5G/HSDPA)

Jadi.., bila Anda mencari informasi mengenai handphone GSM atau CDMA yang bisa digunakan sebagai modem internet, maka salah satu dari tipe-tipe handphone tersebut di atas bisa Anda gunakan. Tapi bila Anda mencari merk atau tipe yang lain (karena banyak sekali merk dan tipe handphone yang telah terdapat modem di dalamnya), maka pastikan bahwa handphone tersebut benar-benar memiliki fasilitas modem.

Untuk mengetahui apakah suatu merk dan tipe handphone bisa di jadikan sebagai modem internet, Maka caranya bukan dengan hanya melihat adanya fasilitas GPRS di dalamnya (seperti alasan saya di atas), tetapi menurut saya lebih baik dengan searching atau mencarinya di mesin-mesin atau situs-situs pencari seperti Google Search dari Google.com, Yahoo Search dari Yahoo.com, dsb. dengan cara mengetikkan kata kunci seperti modem driver untuk hptulis merk dan tipe HP-nya ‘ “ atau juga dengan kata kunci ” ‘ tulis merk dan tipe HP-nyamodem driver. Jika ada informasi modem driver yang Anda cari, maka yakinlah HP tersebut bisa dijadikan sebagai modem internet, tetapi jika tidak ada modem drivernya, maka “kemungkinan besar” HP tersebut tidak bisa dijadikan sebagai modem internet. Mungkin cara ini tidak 100% benar, tapi saya rasa inilah cara paling efektif menurut pengalaman saya selama ini.

Apakah ada diantara sahabat yang telah mencoba merk dan tipe handphone yang lain serta bisa digunakan sebagai modem internet? Kalau ada, maka silahkan sahabat-sahabat sebutkan/tambahkan di kolom komentar di bagian bawah.. maka saya akan sangat berterima kasih 🙂

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel terkait: