Do’a Kanzul ‘Arsy

Do'a Kanzul 'Arsy

Ilustrasi

Do’a Kanzul ‘Arsy, karena fadhilah, faedah, serta kemasyhurannya, maka para ‘ulama mengumpamakan do’a ini seperti lentera yang sangat terang benderang di dunia dan dinamakan juga dengan Raja Segala Do’a. Do’a Kanzul ‘Arsy ini biasa kita temukan naskahnya tertulis pada kitab-kitab Majmu’ Syarif. Di dalam do’anya terkandung kalimat tauhid berupa ucapan tahlil, “Laa ilaaha illallaah” serta bacaan tasbih dan Asma’ul Husna yang diulang-ulang sebelum sampai kepada kalimat permohonan, lalu diakhiri dengan pujian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan seluruh alam semesta.

Belum diketahui apakah do’a ini sanadnya sampai kepada baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam, akan tetapi menurut sebagian ‘ulama, sanad Do’a Kanjul ‘Arsy sampai kepada para sahabat radhiyallahu ‘anhu. Namun kita tak perlu khawatir, karena yang namanya do’a bebas menggunakan bahasa apapun sepanjang isinya tidak menyimpang (kecuali bacaan shalat yang dilarang untuk diubah bahasanya). Apalagi sungguh, selain masyhur di kalangan ummat Islam, do’a ini pun berisikan kalimat-kalimat agung dan tidak ada satupun kalimat yang bertentangan dengan ajaran Islam, karenanya kita pun tak usah ragu-ragu untuk membacanya.

Mohon jangan hiraukan pemahaman-pemahaman dangkal dan semaunya sendiri dengan mengatasnamakan agama, yang menyatakan bahwa do’a ini dibuat sebagai upaya untuk menyesatkan ummat Islam hanya karena ada kalimat ‘Isya Ruhullah di dalamnya. ‘Isya Ruhullah adalah julukan atau gelar agung dari Allah SWT buat Nabi ‘Isa ‘alaihissalam. Ruhullah artinya ruh dari Allah karena Nabi ‘Isa langsung diciptakan oleh Allah melalui peniupan ruh kedalam rahim Siti Maryam. Ruh tersebut dinisbahkan oleh Allah kepada-Nya dalam bentuk kepemilikan, yaitu Ruh milik Allah SWT.

Surat An-Nisaa Ayat 171

 “Sesungguhnya Al-Masih Isa putera Maryam itu adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) ruh dari-Nya”. (Q.S. An-Nisaa': 171)

Surat al-Anbiya Ayat 91

“Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam.” (Q.S. al-Anbiya: 91)

Selain itu ada yang menafsirkan bahwa Ruh di sini karena kedudukan Nabi ‘Isya ‘alaihissalam sangat dekat dengan Allah, walaupun derajatnya tidak melebihi derajat baginda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam. Bahkan selain Nabi ‘Isya ‘alaihissalam, beberapa Nabi yang lain pun dianugrahi gelar-gelar tersendiri, seperti:

  • Adam Shafiyyullah, Adam adalah bukti kemurnian Allah
  • Nuhun Naziyyullah, Nuh penyelamat makhluk Allah
  • Ibrahim Khalilullah, Ibrahim adalah kekasih Allah
  • Isma’il Dzabihullah, Isma’il sembelihan Allah
  • Musa Kalimullah, Musa adalah yang berbicara dengan Allah
  • Dawud Khalifatullah, Dawud adalah khalifah Allah
  • Muhammad Rasulullah, Muhammad adalah utusan Allah

Dimana para Nabi ‘alaihimussalam tersebut beserta gelar atau julukannya terdapat juga di dalam naskah do’a tersebut.

Fadhilah, Manfaat, dan Khasiat Do’a Kanzul ‘Arsy

Mengenai fadilah atau manfaat Do’a Kanzul ‘Arsy, tersebut seperti di bawah ini:

Barang siapa yang membaca Do’a Kanzul ‘Arsy, maka insyaa Allah apa-apa yang menjadi hajat/kebutuhannya akan terpenuhi, keberkahan bagi anak cucu (keturunannya), mendapatkan kemurahan rezeki, serta berbagai fadhilah, khasiat dan faedah lain yang tak terhitung jumlahnya.

Untuk mendapatkan do’anya Anda bisa mendatangi toko-toko kitab terdekat, dan silahkan menanyakan kitab kecil berjudul Majmu’ Syarif kepada penjaga toko untuk kemudian membelinya. Bahkan bukan hanya do’a ini saja yang tercantum di dalam kitab tersebut, tetapi banyak do’a-do’a serta amalan lain yang tidak kalah menarik untuk dibaca dan diamalkan. Saya lihat, ada juga beberapa situs lain yang menuliskan do’a Kanzul ‘Arsy, jadi silahkan Anda coba cari dan kunjungi situsnya. Semoga bermanfaat.. ~ Cepi Nugraha

Komentar

18 tanggapan untuk “Do’a Kanzul ‘Arsy”
  1. sri pusparida says:

    i like it.

    [balas komentar di sini]

  2. bangtaufiqbachomisahmuhammad says:

    Askum, baik sekali apa yg ditanyangkan dan perlu ditambah doa kanzal arsy yang menggunakan tulisan huruf HIJAIYAH / ARAB. Wassalam

    [balas komentar di sini]

  3. Aminullah says:

    Trims… Sy kn coba tuk amalkan. Smg bsa istiqamah.Amin.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Aminullah,
    terima kasih juga…

    Silahkan diamalkan saja do’anya Mas dengan niatan karena Allah semata. Nggak usah ragu, dan semoga istiqamah.Aamiin..

    [balas komentar di sini]

  4. Yahuyz says:

    Tolong Baca Juga ini :
    http://cahayasunnah99.blogspot.com/2011/03/doa-kanzul-arsy-strategi-penyesatan.html

    apa tanggapan saudara?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Sdr. Yahuyz,

    Karena dalam hal ini yang dibahas adalah mengenai kalimah-kalimah yang terdapat pada do’a Kanzul ‘Arsy, maka saya anggap artikel saya di atas merupakan jawabannya. Memang benar pada kenyataannya upaya-upaya orang-orang kafir untuk menjerumuskan ummat Islam dterus dilancarakan, namun tidak berarti kalimah-kalimah yang dimaksud berasal dari mereka. Jadi, mari kita terus mengkaji..

    [balas komentar di sini]

  5. ita says:

    saya baru sepuluh kali membaca doa kanzul arsi pada waktu yang ijabah insyaallah hasil nya langsung nampak. memang betul apa yang di katakan oleh nabi doa kanzul arsi raja segala doa. allah memang tidak pernah mengingkari janji. subhanallah…

    [balas komentar di sini]

  6. tika aja says:

    assalamu’alaikim,, cara mengamalkannya bagaimana pak? misalnya dibaca tiap habis sholat fardhu ato bagaimana nih? terima kasih sebelumnya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Tika,
    wa’alaikumussalam..

    Boleh dibaca kapan saja. Tapi tentu yang lebih baik adalah dibaca di waktu-waktu mustajab, diantaranya seperti selesai dari shalat fardhu.

    Amalkan secara istiqamah atau terus menerus saja. Karena amalan yang baik itu adalah yang dilakukan dengan istiqamah:

    “Al-istiqamah khairun min alfi karamah” – “Istiqomah itu lebih baik daripada seribu karomah”

    Dan semoga saja, ia laki-laki yang telah menjadi pilihanmu, Allah pilihkan juga buatmu, sebagai yang terbaik buat dunia dan akhiratmu.. ;)

    Namun jika ingin tetap untuk menambah amalan yang lebih khusus, silahkan hubungi saya melalui sms, bbm, atau wa. Detailnya ada di halaman KONTAK di atas.

    [balas komentar di sini]

    tika aja Reply:

    saya punya hajat mendesak dan besar nih, jadi butuh amalan yg cespleng nih..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Bertaubat sungguh-sungguh dari semua dosa (besar maupun kecil), penuh keyakinan dan tanpa keraguan sedikit pun bahwa do’amu akan Allah kabulkan, maka pasti amalan baik apapun yang dilakukan “Cespleng”

    [balas komentar di sini]

  7. Lutfi Solahudin says:

    Assalam,
    Mas Cepi.

    Alhamdulillah,
    Terimakasih atas penjelasannya.

    Salam,
    Lutfi

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Lutfi,
    wa’alaikumussalam…

    Terimakasih juga atas kunjungannya, serta telah pula berkenan untuk membaca artikel di blog sederhana ini.

    [balas komentar di sini]

    Lutfi Reply:

    Assalam,

    Mas Cepi, walaupun sederhana tapi isinya sangat bermanfaat, oia Mas Cepi saya termasuk yang sering mendawamkan Do’a Kanzul Arsy, saya sempat terkecoh dengan artikel bahwa Do’a tersebut menyesatkan karena ada kalimat ” Isa Ruhullah ” tapi setelah membaca artikel dari mas cepi, saya kembali mendawamkannya. Oia Mas di artikel nya boleh dong ditambahkan Do’a kanzul Arsy versi arab dan terjemahannya.

    Terimkasih,
    Salam,
    Lutfi

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Lutfi,
    Wa’alaikumussalam..

    Alhamdulillah kalau Mas rutin membacanya, dan teruslah kalau masih suka untuk membacanya, jangan sampai terpengaruh oleh segelintir orang, yang dengan mudah saja memvonis orang lain sesat ya..padahal sebenarnya mereka tidak faham, dan hanya mengartikan serta menterjemahkan kalimat Arab sekenanya, tanpa menggali asal-usul dan maknanya.

    Untuk menuliskan do’a dan terjemahannya saya agak kesulitan dari segi waktu, karena cukup panjang juga, meski tidak terlalu panjang. Namun di toko-toko kitab sekarang sudah banyak yang dijual Majmu berikut terjemahannya, dan diantaranya terdapat do’a Kanzul ‘Arsy ini..

    [balas komentar di sini]

  8. Kakang Prabu Utara says:

    Assalamualaikum. wr.wb.

    Salam semua kepada saudaraku yg ingin mengamalkan doa Kanzul Arsy.

    Sy adalah bagian dari segelintir orang yg bercerita disini dalam mengamalkan doa Kanzul Arsy, dan sy beritahukan amalkanlah dengan Ikhlas doa tersebut semata HANYA MEMUJI ALLAH…

    istiqamah …. bila perlu habis sholat 5 waktu dan jika mampu di selingin dengan dzikir Laailaahaillahu.

    syarat membacanya harus ikhlas dan benar benar memuji Allah.

    Ini sekedar share pengalaman saya menggunakan doa Kanzul Arsy. :

    Setiap malam sy selalu sempatkan membaca doa Kanzul Arsy, kebetulan malam minggu, sy membacanya biasanya di atas jam 12 malam. waktu itu menunjukan pukul 2 malam, pada jam tersebut sy sedang sibuk2nya memuji Allah dengan doa tersebut , lalu tiba tiba… pintu kamar saya di ketuk sama ade saya eko..

    eko : ka ka… tolong bilangin bapak motor eko kena Razia di kemayoran gara gara nonton balapan motor, motor eko di angkut sama polisi dan banyak yg di angkut motornya di bawa ke kantor polisi yg di salemba.

    saya : dalam hati sy , mengagetkan saja sedang dzikir …. lalu sy katakan baiklah sy bilang sama bpk, lalu bpk dibangunkan memberikan uang 250rb untuk menebus motor satria yg di angkut itu. ( sebetulnya sy ga mau pake uang2an , karna sy mau minta ambilnya sama Allah )

    lalu saya , eko dan temen eko kita bertiga ke kantor polisi.

    dan setelah sampe kantor polisi salemba waktu menunjukan pukul 02:45.

    pada saat sampe gerbang masuk pintunya banyak orang yg bulak balik bawa orang tuanya dan anggota yg lain untuk menebus dan mengambil motor ..tapi anehnya knapa mereka tidak membawa motornya pulang…( dari kejauhan sy melihat pak polisi PM bilang kpd yg dateng dengan tegas bilang ” Motor silahkan pada di ambil besok karna tidak bisa di urus kantor kanit tutup )

    seketika itu juga ada yg memohon ada yg bawa orang lain aparat juga tetep pada ga bisa ngambil .

    lalu sy dekati polisi tersebut tidak begitu jauh, hati sy lirih ” Yaa Allah semua pada disuruh pulang bagaimana hamba ”

    selang berkata begitu lirih dalam hati ga ada 3 menit polisi tersebut melihat sy dan bertanya :

    polisi : mau apa dhe

    sy : sy mau ambil motor ponakan sy pak .

    polisi : oh yg mana

    sy : yg satria itu pak yg di pojok.

    polisi : ohh itu .. yaudah ambil sini sy bantu ..

    sy : nih pak sy ada uang ikhlas buat bpk …

    polisi : ohh ga usah simpen saja , ga usah

    akhirnya sy selipin aja di kantongnya 20rb sambil polisi menolak pake tangannya ..

    lalu sy bw motornya… orang lain pada bengong… sy cuek saja…
    terlebih ade sy eko dan temannya ikut bingung..

    sy : simpen aja uangnya ko buat keperluan lain .sambil nyengir takjub kita pulang bawa motor.

    itu cerita nyata yg sy jalani selama membaca doa Kanzul Arsy.

    masih banyak pengalaman lain yg belum sempet sy ceritakan disini. insya Allah ada umur ada waktu senggang sy mampir lagi ke blog ini.

    syukran buat semua yg mau mengamalkan ikhlas semata MEMUJI ALLAH. semoga Allah memandang selalu dengan rahmatnya.

    wasalam.wr.wb.

    Kakang Prabu Utara. / tanjung priok.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kakang Prabu,
    wa’alaikumussalam wr. wb.

    Alhamdulillah.. terimakasih telah berkenan untuk berbagi pengalamannya yang sangat berharga di sini, sehingga bisa menambah keyakinan kita kepada Allah, bahwa ALlah tidak pernah mengecewakan hamba-Nya yang senantiasa berdzikir mengingat-Nya.

    Saya setuju dengan apa yang dikatakan Kakang Prabu..

    Innamal a’malu binniyah. Sesungguhnya apapun tergantung pada niat kita. Jika niatnya ditujukan untuk meraih sesuatu, selama itu baik, memang diperkenankan. Tapi alangkah lebih baik lagi seperti apa yang dikatakan oleh Kakang Prabu, bahwa niatkan mengamalkannya hanya semata-mata karena Allah, sehingga yang kita peroleh bisa lebih dahsyat dan tanpa diduga.

    Lalu.. Al-istiqamah khairun min alfi karamah. Dengan membacanya secara rutin atau terus menerus, itu lebih baik daripada seribu karamah, demikian mengutip perkataan para ‘ulama. Dan sebagian ‘ulama mengatakan, bahwa sebaik-baik karamah itu justri Istiqamah-nya tersebut. Jadi, alangkah baiknya kita tidak mengharapkan kejadian luar biasa apapun dengan mengamalkannya, karena hal itu otomatis akan datang dengan sendirinya selama kita istiqamah, bahkan istiqamah itulah puncaknya karamah.

    Jazakallahu khairan katsira buat Kakang Prabu karena telah berbagi bersama kami semua..

    [balas komentar di sini]

    Ranov Reply:

    Subhanallah

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 11
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!