Keterkaitan Hobi dengan Ide Usaha

Hobi & Ide Usaha

Contoh Keterkaitan Hobi dengan Ide Usaha

Sahabat-sahabat.. setelah artikel sebelumnya membahas tentang menjadikan hobi sebagai ide usaha, maka berikut ini akan diutarakan beberapa contoh keterkaitan antara suatu hobi dengan usaha. Mudah-mudahan bagi Anda yang membacanya serta sedang mencari-cari ide untuk memulai suatu usaha menjadi terinspirasi. Inilah beberapa contoh keterkaitan hobi dengan ide usaha tersebut:

Hobi membaca: Usaha toko buku dan alat tulis, taman bacaan disertai kafe untuk menjual makanan dan minuman ringan, percetakkan dan penerbitan buku, koran maupun majalah.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Hobi ngotak-ngatik komputer: Jual perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) komputer, jasa merakit, memperbaiki, instalasi komputer, jasa memasang jaringan internet ke komputer, membuka usaha usaha jasa setting komputer, membuka usaha warung internet (warnet), bisnis online/internet marketing, dan lain-lain.

Hobi memancing ikan: Membuka arena wisata tempat pemancingan dan kolam renang, membuka arena pemancingan dan rumah makan lesehan, menjual peralatan pancing.

Hobi jalan-jalan: membuka usaha perjalanan wisata (tour & travel), wisata ziarah, perjalanan haji dan umrah, menyewakan/merentalkan kendaraan roda empat atau bis wisata, perahu motor (speedboat), peralatan selam, penginapan.

Hobi memelihara ikan hias: Pemijahan ikan hias, penjualan ikan hias, pembuatan dan penjualan akuarium, penjualan pakan ikan hias.

Hobi makan dan minum: Membuat rumah makan (restaurant), kafetaria, membuka waralaba usaha makanan dan minuman, usaha penginapan.

Hobi berselancar di internet: Jasa instalasi internet, konsultan jaringan, membuka toko komputer dan menjual peralatan untuk jaringan internet, seperti modem dsb. Jasa membuat dan mendesain situs (webdesigner), menjadi pemilik situs (webmaster) untuk menjual produk sendiri di internet ataupun ikut program affiliate marketing (internet marketing).

Hobi pecinta alam: Membuka usaha pelatihan dan pendidikan untuk para pecinta alam, menjual peralatan seperti tenda, tas camping, dan sebagainya. Jasa arum jeram dan lain-lain.

Hobi memasak: usaha catering, membuka rumah makan, waralaba, menjual resep rahasia masakan, dan sebagainya.

Hobi memotret: membuka studio photo, usaha kursus photography. menyewakan kamera dan handycam, jasa memotret dan video shooting, jasa transfer photo ke media kertas, kaos (t-shirt), tas, jasa transfer video dari handycam ke cd, dvd, dsb.

Hobi olah raga: menjadi instruktur olah raga, menyewakan arena olah raga, kolam renang, gedung olah raga, menjual peralatan olah raga.

Dan masih banyak lagi jenis usaha lain yang berkaitan dengan suatu hobi.

Setelah sahabat baca artikel tentang contoh keterkaitan hobi dengan ide usaha ini, apakah sudah langsung terpikirkan oleh sahabat, mungkin ada diantara hobi sahabat yang terkait dengan sebuah usaha? Ok.. pasti Anda lebih mengetahuinya.. 🙂

Artikel berjudul Keterkaitan Hobi dengan Ide Usaha di halaman blog Rumah Cahaya ini saya tulis sendiri dan tidak pernah mengambil sumber dari blog lain. Bilamana ditemukan artikel serupa di blog yang lain, maka artikel tersebut merupakan salinan dari artikel yang ada di blog ini. Semoga bermanfaat… (Cepi Nugraha)