Cetak Wallpaper. Tips & Peluang!

Cetak Wallpaper Dinding Rumah Digital

Wallpaper

Terkadang kalau seluruh dinding rumah hanya dicat begitu saja rasanya masih kurang sreg ya.. Mungkin kalau ditambahkan variasi lainnya pada dinding rumah tersebut akan terlihat tambah cantik dan indah dipandang. Nah sahabat, tentunya bukan hanya kita saja yang berfikir demikian, namun banyak juga orang lain yang berfikir serupa.

Untuk membuat dinding rumahnya tampak berbeda, kadang orang menambahkan keramik atau porselen tertentu menghiasinya. Ada juga yang melukisnya dengan lukisan-lukisan tertentu yang disukainya, serta banyak juga yang menggunakan wallpaper atau pelapis dinding khusus untuk memperindahnya.

Bagi para insan percetakan (grafika) sebenarnya hal ini merupakan satu peluang diantara banyaknya peluang usaha yang ada, karena dengan perkembangan teknologi grafika saat ini, usaha yang kita jalankan pun sudah bisa merambah ke usaha cetak wallpaper untuk dinding rumah ini, yaitu dengan menggunakan mesin cetak digital ukuran besar (large format digital printer).

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Coba perhatikan atau bayangkan.. dinding kamar tidur anak, dinding ruang makan, dinding teras belakang atau samping rumah, akan tampak bagus dan indah jika ditempeli dengan wallpaper, apalagi variasi gambar untuk wallpapernya juga bisa lebih beragam, bisa gambar pemandangan alam yang indah, foto keluarga, gambar kartun lucu, dan sebagainya.

Bukan hanya dinding rumah saja, akan tetapi dinding-dinding bangunan lain pun bisa menggunakan wallpaper hasil cetak digital, misalnya dinding kamar-kamar pasien anak di rumah sakit, dinding sekolah taman kanak-kanak, dinding tembok rumah makan, dan sebagainya dengan gambar-gambar yang disesuaikan dengan suasana ruangan yang ada. Untuk di kamar pasien anak tadi saja bisa dibayangkan.. bila di sekitar tempatnya terbaring sakit ada gambar-gambar kartun atau binatang lucu dengan nuansa ceria dan penuh warna, mungkin secara psikis ia akan sangat terhibur sehingga insyaa Allah hal tersebut bisa membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit yang dideritanya.

Tips Mencetak Wallpaper dengan Digital Printing

Beberapa tips berikut bisa Anda ikuti bilamana Anda sahabat Rumah Cahaya ingin mengambil peluang bisnis cetak wallpaper ini. Inilah tipsnya:

  • Mencari informasi terlebih dahulu mengenai pasaran harga cetak digital per meter untuk berbagai jenis bahannya, baik untuk indoor maupun out door, terutama untuk keperluan pelapis dinding (wallpaper).
  • Tentukan bersama customer Anda mengenai tema apa yang harus diambil untuk pembuatan wallpaper sesuai dengan ruangan dimana wallpaper tersebut akan dipasang.
  • Ukurlah tinggi dan lebar dinding tembok yang akan dipasang wallpaper, dan catatlah untuk kemudian nantinya diterapkan pada desain.
  • Carilah gambar yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Gambar bisa Anda dapatkan dari customer, bisa Anda buat sendiri, atau bisa juga dicari di internet dan mendownloadnya. Pastikan resolusi atau ukuran gambarnya besar (sesuai) supaya gambar hasil cetaknya tidak terlihat pecah atau kabur.
  • Gambar yang telah didownload kemudian diolah, dan disesuaikan ukurannya dengan ukuran dinding tadi menggunakan software atau aplikasi desain grafis semisal Photoshop dan CorelDraw untuk kemudian hasilnya disimpan ke flashdisk atau kepingan CD/DVD. Jika tidak bisa mengolah atau mendesain sendiri, maka Anda pun bisa mendatangi tempat yang menyediakan jasa setting komputer untuk mengerjakan hal ini.
  • Carilah perusahaan yang menyediakan jasa cetak digital berukuran besar untuk keperluan mencetaknya. Serahkan desain yang ada di flashdisk atau di kepingan CD/DVD tadi untuk mereka cetak di mesin cetak ukuran lebar miliknya.
  • Komunikasikan serta pastikan juga, apakah nanti wallppaper tersebut akan menggunakan bahan untuk keperluan dalam ruangan (indoor) atau luar ruangan (out door). Hal ini semata-mata bukan hanya untuk kesesuaian penempatan, tetapi juga untuk ketahanan dari wallpaper agar bisa tahan lebih lama / awet.
  • Setelah cetakan selesai, periksalah. Pastikan semuanya beres, lalu kemaslah wallaper digital tersebut dengan baik dan rapih untuk kemudian diserahkan kepada customer.

Sahabat Rumah Cahaya, demikianlah artikel mengenai peluang dan tips usaha cetak wallpaper. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan selamat berkreasi.. ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!