Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat

Gambar Mata Manusia

Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat? Nah, kalau Anda sahabat Rumah Cahaya mempertanyakan hal yang sama, maka di halaman ini akan saya menuliskan artikel tentang kesehatan mata yang pernah dimuat dalam rubrik kesehatan di salah satu majalah Islam, yang berjudul “Merawat Mata untuk Fungsi Optimal”. Berikut artikelnya..

Mata kita sudah memiliki sistem tersendiri untuk menjaga keoptimalan fungsinya. Namun, kita tetap harus menjaganya agar terhindar dari keletihan, terhindar dari bergagai penyakit, dan trauma yang dapat merusak.

Tanpa kita sadari, beban mata setiap hari cukup berat. Setelah seharian dipakai berkonsentrasi bekerja di depan komputer dan berkonsentrasi saat menyetir mobil, mata masih dipaksa untuk menatap layar televisi hingga tengah malam. Bahkan, menjelang tidur pun mata masih saja ‘dipaksa’ bekerja untuk membaca buku atau majalah. Akibat pemakaian ini, mata mudah menjadi letih, memerah dan kurang optimal berfungsi keesokan harinya.

Mata Sehat Fungsi Optimal

Dr. Fatma Asyari, SpM (K), sewatku beliau masih berdinas di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta menyebutkan, mata memiliki tiga fungsi, yaitu untuk melihat bentuk, melihat warna, dan melihat secara tiga dimensi. Untuk dikatakan sebagai mata yang sehat, maka ketiga fungsi ini harus bekerja dengan baik.

Fungsi melihat bentuk dinilai dari ketajaman penglihatan. Mata yang normal ketajaman penglihatannya dapat melihat bentuk secara sempurna. Sementara fungsi melihat warna dapat dinilai dari kemampuan mata dalam melihat kesesuaian warna.

Untuk melihat tiga dimensi, kedua mata hatrus berfungsi dengan baik dan bekerja secara seimbang. Bila salah satu rusak, maka fungsi mata untuk melihat tiga dimensi akan hilang.

Beberapa Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat & Berfungsi Optimal

Berikut adalah beberapa tips menjaga mata atau cara merawat mata agar tetap sehat serta bisa berfungsi secara baik dan optimal yang bisa Anda lakukan:

1. Menyimbangkan Beban dan Istirahat

Mata yang bekerja sepanjang hari cenderung akan mengalami kelelahan. Mata yang lelah akan terasa kering, perih, lengket, mengganjal, bahkan bisa memunculkan pusing kepala. Tingginya konsentrasi yang dicurahkan saat bekerja serta paparan AC yang berlangsung cukup lama juga dapat membuat mata semakin mengering.

Secara alami mata kita akan dilindungi oleh air mata, dan setiap 4 detik kita akan mengedip untuk menjaga agar mata tidak kering. Bila mata mengalami kering selama berhari-hari, lama kelamaan selnya akan rusak, keruh dan buram. Bila sel-sel ini rusak, fungsi mata pun akan berkurang. Oleh karena itu agar mata sehat, prinsip yang perlu diingat adalah mata harus lembab dan bening dari luar ke dalam. Sebagai perlindungan tambahan kita juga dapat memakai obat tetes mata.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Tidur, ietirahat dengan mematikan lampu atau mengompres mata dengan air dingin adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengistirahatkan mata. “Jangan istirahat sambil menonton TV, karena hal itu bukanlah mengistirahatkan mata melainkan membuat mata tetap terjaga,” Tegas dr. Fatma lagi.

2. Memakai Pelindung Mata

Sehari-hari kita juga perlu menjaga mata dari kemungkinan masuknya benda yang dapat menyebabkan infeksi mata (konjungtivitis) dengan gejala merah, pedih, atau belekan. Benda-benda ini dapat saja berupa serpihan benda-benda padat, zat kimia atau serangga. Lebih lanjut, masuknya benda asing ke dalam mata juga bisa mengakibatkan infeksi kornea (keratitis) yang dapat meninggalkan bekas luka parut, bercak putih tipis (nebula) atau tebal (macula).

Gangguan mata yang lebih parah adalah manakala tumbuh pterygeum (semacam daging tumbuh) yang menutupi kornea mata. Kelainan yang didasari oleh bakat keturunan ini bila ukurannya masih kecil (kurang dari 1 mm) tidak meninggalkan gangguan (merah, pedih, rasa mengganjal pada mata), terutama kalau usia penderita masih di bawah 40 tahun. Namun kalau membesar sampai mendekati linkaran pupil, sering merah, dan terasa pedih, serta usia penderita di atas 40 tahun, kemungkinan timbul kembali lebih besar.

Sebagai perlindungan mata, gunakanlah helm atau kacamata, khususnya saat mengendarai motor. Kacamata pelindung juga wajib dipakai oleh para pekerja pabrik, seperti pabrik baja, aki, tekstil, pengecoran besi, dan lain-lain. Sebab, jika selaput bening mata atau kornea terkena zat H2SO4 (asam sulfat) dari aki atau uap formalin dari tekstil, sel-sel pembentuk air matanya akan terganggu.

3. Menggunakan Penerangan Yang Cukup

Untuk keperluan membaca atau pekerjaan tangan yang rumit seperti menisik, menjahit, dan melukis, disarankan menggunakan penerangan dengan bola lampu susu 40 Watt. Pusatkan sinarnya pada objek bacaan atau pekerjaan yang dilakukan. Bola lampu susu lebih baik dipakai untuk membaca karena sinarnya tidak memberi efek silau. Sebaliknya, lampu neon tidak disarankan digunakan untuk membaca karena sinarnya berupa getaran.

Anak-anak yang matanya sering dikedip-kedipkan, digosok-gosok atau dikerutkan, bisa dites penglihatannya dengan meminta mereka untuk membaca angka-angka kalender dari jarak tertentu. Cara ini bisa pula dilakukan di sekolah bila guru mencurigai muridnya mempunyai kelainan mata.

4. Melakukan Pengobatan Yang Tepat

Sementara itu bila terserang penyakit mata merah akibat virus, atau lebih dikenal sebagai belekan, cukup diatasi dengan beristirahat saja. Biasanya setelah 3 hari akan sembuh dengan sendirinya karena air mata sudah mengandung antiseptik. Tetapi ingat, belekan ini sangat menular, sehingga mereka yang tinggal bersama penderita hendaknya diberi pencegah berupa obat tetes mata yang mengandung antibiotik selama beberapa hari dan sedapat mungkin menjauhi penderita.

Namun bila tiba-tiba mata kita sakit, merah, pedih, dan sampai tiga hari keadaannya tidak membaik, segeralah periksakan mata Anda ke dokter agar kelainan atau penyakit dapat terdeteksi sedini mungkin. Bagaimana pun mencegah itu lebih baik daripada mengobati bukan? Jadi, mari kita jaga jendela kehidupan kita dengan lebih baik.

Sahabat Rumah Cahaya, demikianlah penulisan kembali artikel tentang bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat di halaman ini. Semoga berguna serta bermanfaat bagi Anda para pembacanya. ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!