Cara Mengatasi Rasa Marah Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Marah Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Marah

Marah bisa jadi merupakan hal yang wajar, bahkan bisa menjadi wajib, misalnya marah karena melihat adanya tindak kemunkaran. Namun apabila luapan rasa marah sudah tidak proporsional atau berlebihan, maka tentu akan menimbulkan efek negatif, minimal bagi diri orang yang marah tersebut, dan lebih jauhnya lagi bagi orang lain. Oleh sebab itu, mengatasi rasa marah yang berlebihan sangat diperlukan bagi siapa saja yang tidak ingin merasakan efek negatif dari akibat yang ditimbulkannya.

Rasa marah bisa ditujukan kepada lingkungan maupun kepada kondisi diri sendiri. Marah yang berlebihan dan tak terkendali tekadang juga ditujukan kepada orang tua, pasangan, atau anak sendiri, dimana tidak jarang mereka pun sebenarnya tidak punya kesalahan apa-apa, sehingga setelah sadar seringkali ia pun kemudian menyesalinya. Bisa jadi ia sendiri pun terheran-heran, kenapa bisa seperti itu, padahal dulu ia adalah seorang yang penyabar, berbeda dengan kondisinya sekarang yang cepat sekali marah meskipun hanya disebabkan oleh hal-hal  yang sepele, dan terkadang  tidak diketahui pula sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Rasa Marah Berlebihan

Bisa jadi, penyebab kemarahan adalah kejadian masa lalu yang sudah tidak ia ingat atau ia sadari, yang terekam dan terus tersimpan dalam memori otak bawah sadarnya. Contohnya seperti pada waktu kecil ia sering dimarahi oleh orang tuanya, dimana sebagai anak pastinya ia merasa tidak berdaya, sehingga hanya menyimpan kemarahan dalam hati selama puluhan tahun.

Atau ada kemarahan besar yang terpendam akibat perlakuan tidak adil dari seseorang, dan ia sendiri tidak bisa mengekspresikan perasaan marahnya kepada orang tersebut, karena mungkin ia malu jika harus dilihat oleh lingkungan sekitar, atau seseorang yang membuatnya marah tersebut mempunyai kedudukan yang lebih tinggi darinya, dsb. sehingga akhirnya secara tidak disadari, ia melampiaskan kemarahannya kepada orang-orang terdekatnya, bahkan pada orang-orang yang sebenarnya sangat ia cintai.

Secara umum memang penyebab rasa marah yang berlebihan adalah akibat kemarahan yang ditekan dan tidak terekspresikan. Bisa disebabkan juga karena perasaan tidak aman, merasa tidak dihargai, diabaikan, dan lain-lain. Menurut sebuah penelitian, perasaan marah sebenarnya ditimbulkan oleh adanya pikiran negatif terhadap suatu hal yang terus berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri sendiri.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Jika Anda adalah yang mengalami rasa marah, maka tindakan apa sekiranya yang harus dilakukan agar rasa marah yang berlebihan bisa mereda?. Berikut di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa dicoba oleh Anda yang merasa kesulitan untuk mengatur emosi atau mengendalikan kemarahan:

  1. Melihat penyebabnya.
    Mencoba kembali mengingat situasi yang membuat Anda marah. Tanyakan kepada diri sendiri, apa penyebabnya dan mengapa mengapa Anda bisa merasakan amarah yang begitu besar. Apakah kemarahan tersebut memang diakibatkan semata-mata oleh sikap orang lain terhadap Anda, ataukah mungkin diperbesar oleh prasangka Anda yang berlebihan?.
  2. Menyelesaikan Masalah.
    Terkadang perasaan Anda bisa lebih tenang. Namun karena mungkin Anda selalu berinteraksi dengan orang yang telah membuat Anda sangat marah, atau selalu kembali mengingat orang tersebut beserta peristiwa yang memicu terjadinya kemarahan, maka rasa marah bisa kembali datang suatu saat jika tidak dituntaskan. Maka uraikan dan carilah solusi dari permasalahan yang dihadapi dengan orang tadi dengan menggunakan jasa pihak ketiga sebagai penengah. Carilah inti dari permasalahan, selesaikan, dan akhiri dengan saling memaafkan. InsyaAllah emosi yang berupa amarah berlebihan akan segera hilang, dan kehidupan Anda akan kembali tenang.

“Hakikat dari memaafkan adalah demi untuk kesehatan kita sendiri”

Cara Mengatasi Rasa Marah Yang Berlebihan dengan KCN Method

Jika di satu sisi Anda masih merasa kesulitan untuk mengatasi masalah besar yang sedang Anda alami ini, namun di satu sisi Anda pun tetap ingin mengatasi rasa marah yang berlebihan sehingga emosi Anda dapat terkendali, pikiran kembali tenang, serta tubuh pun sehat, maka beberapa teknik terapi yang saya lakukan yang saya rangkum dalam apa yang saya sebut sebagai KCN Method bisa Anda jalani, dengan syarat: HARUS BENAR-BENAR ATAS KEMAUAN SENDIRI. Syarat ini sangat diperlukan demi keberhasilan dari terapi yang akan dijalankan.

Diantara teknik terapi yang digunakan adalah:

  • Terapi Dzikir dan Do’a.
  • Terapi SEFT (Spiritual Emotion Freedom Technique).
  • Terapi Kedamaian Hati dengan Al-Qur’an.

Dalam terapi ini, diantara prosesnya adalah: seorang klien dituntun untuk merasakan atau mengingat kemarahannya, kemudian dibimbing untuk menerima secara ikhlas (ridha) perasaan marahnya, lalu memaafkan pihak-pihak yang membuatnya sangat marah. Jika belum bisa memaafkan orang lain, maka ia dibimbing untuk memaafkan dirinya sendiri, lalu memasrahkannya secara total ketenangan hatinya kepada Allah SWT, karena hanya Ia-lah Yang dapat memberikan ketenangan, dan proses lainnya.

Rangkaian teknik terapi dalam KCN Method bisa Anda lihat lebih rinci di halaman ini (klik)

Marah yang berlebihan adalah merupakan landasan emosi yang dapat mengundang datangnya berbagai penyakit, umpamanya saja: batu ginjal, depresi, demam, obesitas, kaku rahang, liver, dan penyakit-penyakit lainnya. Maka alangkah baiknya sebelum aneka penyakit yang hanya akan merugikan diri Anda sendiri itu datang, Anda pun segera mencari cara untuk mengatasi rasa marah yang berlebihan yang sekiranya paling tepat bagi Anda. Semoga bermanfaat… ~Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!