Cara Menanam Rumput Gajah Mini

March 21, 2013 oleh 6 Komentar
Kategori: Rumah dan Pekarangan 
Gambar Rumput Gajah Mini

Rumput Gajah Mini

Ahh, siapa yang tak tertarik dengan hamparan hijaunya rumput gajah mini ya sahabat Rumah Cahaya?. Rumput yang masih saja menjadi primadona diantara tanaman sejenisnya ini bukan hanya indah penampilannya, namun juga tidak memerlukan perawatan yang rumit. Cara menanam rumput gajah mini yang baik dan benar merupakan hal paling penting untuk diperhatikan, supaya tanaman yang mempunyai nama asing elephant grass ini bisa tumbuh subur dan cepat terlihat indah.

Seorang pengolah taman pernah mengingatkan.. apabila kita menanam rumput gajah mini di saat musim kemarau, jangan sampai lupa untuk menyiramnya, terutama di hari pertama setelah penanaman, karena saat-saat tersebut merupakan saat-saat kritis rumput yang harus diperhatikan. Untuk menjaga rumput tidak gosong, ia menganjurkan untuk memasang jaring di atas rumput seandainya hujan tak juga turun setelah penanaman, dan jangan lupa untuk menyiramnya.

Alat, Bahan, Serta Langkah-langkah Penanaman Rumput Gajah Mini

Pertama-tama, sebelum melakukan penanaman Pennisetum Purpureum Schamach (nama latin/nama ilmiah rumput gajah mini), maka persiapkan beberapa peralatan dan bahan-bahan yang akan digunakan sebagai berikut:

  • Bibit rumput gajah mini.
  • Tanah merah (tanah Lembang terkenal bagus untuk pertamanan)
  • Pasir.
  • Papan Kayu.
  • Cangkul / Pacul.

Kemudian langkah kedua, kelupaslah permukaan tanah yang masih keras dan masih ditanami rumput liar dengan menggunakan cangkul dengan maksud untuk mendapatkan tanah dasar. Lalu ratakan tanah, dan buatlah agar ketinggian tanah dasar ini semakin rendah ke arah lubang air. Hal ini dimaksudkan agar air yang digunakan untuk menyiram dan air hujan tidak menggenang di atas rumput, yang bisa menyebabkan rumput membusuk.

Langkah ketiga, ambillah semua akar-akar rumput liar yang masih tertinggal supaya rumput liar tidak kembali tumbuh.  Pisahkan pula bebatuan yang ada agar nantinya tidak mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini.

Keempat, setelah selesai melakukan pengolahan pada tanah dasar, maka timbunlah tanah dasar tersebut dengan tanah merah yang halus. Tanah merah ini berperan sebagai media utama rumput gajah mini untuk tumbuh.

Langkah yang kelima,  ratakanlah tanah merah dengan menggunakan papan kayu. Ini dimaksudkan agar rumput gajah mini nantinya akan dapat tumbuh dengan rata, tidak bergelombang. Pada saat meratakan tanah merah, pilah kembali batu-batu besar yang sekiranya bisa mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini.

Yang keenam, pecah-pecahlah rumput gajah mini yang masih berukuran besar, menjadi beberapa bagian, misalnya menjadi dua atau tiga bagian. Makin kecil pecahannya, maka semakin bagus, karena nantinya rumput tidak akan tumbuh bergerombol.

Langkah yang ketujuh adalah dimana tiba saatnya menanam pecahan rumput gajah mini di atas tanah merah satu per satu. Prinsip penanamannya adalah ujung daun pecahan rumput yang satu bertemu dengan ujung daun pecahan rumput yang lain. Dengan demikian rumput gajah mini akan tumbuh dengan baik serta tidak tumpang tindih.

Lalu yang kedelapan, pukul-pukullah permukaan rumput yang sudah ditanam dengan papam kayu. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar rumput gajah mini tertanam dengan baik di tanah.

Langkah kesembilan, taburkan pasir yang sudah diayak ke atas permukaan rumput dan tanah hingga seluruh permukaannya tertutup dengan pasir. Pasir ini berfungsi untuk menahan tanah merah supaya tidak naik ke permukaan saat turun hujan atau ketika disiram, sehingga tanah akan tetap terjaga kesuburannya.

Dan langkah yang ke sepuluh atau yang terakhir, lakukanlah penyiraman dengan air agar rumput tidak terlalu tertutup pasir. Apabila sampai dua hari setelah melakukan penanaman tidak juga turun hujan, maka rumput gajah mini ini harus disiram untuk menyingkirkan pasir-pasir yang masih menutupinya, supaya rumput tidak membusuk.

Harga Rumput Gajah Mini di Pasaran

Oh iya, mungkin seharusnya informasi mengenai harga rumput  gajah mini ini saya tulis di awal-awal paragraf tadi sebelum berlanjut ke cara penanaman, tapi gak apa-apalah saya susulkan saja penulisannya di sini. Jadi,

  • Harga bibit rumput gajah mini biasa berada di kisaran: Rp. 10.000 – 15.000,- per meter persegi.
  • Harga bibit rumput gajah mini varigata (ada strip putih di daun): di kisaran Rp. 25.000 – 30.000,- per meter persegi.

Para penjual rumput gajah mini bisa memasang harga yang sama maupun berbeda antara penjual yang satu dengan penjual yang lain. Perbedaan harga terkadang dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya karena kualitas dari rumput itu sendiri, akibat meningkatnya kebutuhan atau permintaan dari konsumen, dan sebagainya.

Sahabat, setelah Anda membaca tulisan saya tentang cara menanam rumput gajah mini di atas, apakah Anda pun telah siap untuk membeli bibit serta menanam rumputnya sendiri? :) Selamat bertanam ya, jangan terlalu khawatir tentang cara merawat rumput gajah mininya, karena seperti juga tertulis pada paragraf pertama bahwa perawatan rumput gajah mini tidaklah rumit. Semoga berhasil.. ~ Cepi Nugraha

Komentar

6 tanggapan untuk “Cara Menanam Rumput Gajah Mini”
  1. Ali Sabana says:

    Sangat bermanfaat infonya,

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Bang Ali,
    terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini..

    [balas komentar di sini]

  2. wahyu efendi says:

    Saya tinggal di Palu, Sulwesi tengah, tertarik dengan rumput gajah mini, berapa biayanya kalau sampai di palu ya? luas taman sekitar 75 M2, terimakasih….

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Wahyu,
    terimakasih atas kunjungannya ke artikel ini..

    Saya hanya berbagi informasi saja pak, tapi tidak menjual rumputnya.
    Namun memang di sekitar tempat tinggal saya ada penjualnya, dan juga ada tukang taman yang cukup berpengalaman juga, tapi sepertinya mereka belum pernah sampai ke Sulawesi, jadi belum diketahui berapa biaya kirimnya..

    [balas komentar di sini]

  3. alan says:

    pak, brapa harga macam2 bibit rumput hias tsb………..???

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 11
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!