Cara Memilih Printer Yang Tepat

January 17, 2014 oleh 5 Komentar
Kategori: Komputer & Gadget 
Cara Memilih Printer Yang Tepat

Memilih Printer Yang Baik

Printer merk apa ataukah yang bagaimana yang harus dibeli? Mungkin pertanyaan ini yang ada di benak kita ya sahabat, saat kita lagi butuh printer dan ingin membelinya. Untuk itu, berikut saya postingkan artikel tentang bagaimana cara memilih printer yang tepat, tanpa membicarakan tentang merk printernya.

Memang, memilih printer apa yang paling baik bisa jadi merupakan perkara yang membingungkan. Disamping banyak pilihan merk yang tersedia, terkadang kita juga dibingungkan dengan teknologi yang diusung oleh masing-masing printer tersebut. Memilih printer bisa jadi¬† merupakan perkara yang sulit…

Dari segi harganya, bagi sebagian orang, kisaran harga sebuah printer bisa terbilang sangat murah, namun bagi sebagian orang lagi, harga sebuah printer bisa jadi sangat mahal. Itulah alasannya, kita harus memilih printer yang tepat dan akan menjadi printer terbaik yang sesuai dengan anggaran yang kita miliki, baik untuk keperluan usaha/bisnis, ataupun hanya untuk digunakan untuk membantu pekerjaan kita di rumah. Cara mencetak yang paling efisien pasti dibutuhkan oleh setiap pemakai printer.

Jadi, Bagaimana Cara Memilih Printer Yang Tepat?

Kualitas cetak yang dihasilkan oleh berbagai jenis dan merek printer yang tersedia bervariasi, dan ada beragam printer yang tersedia di pasaran hari ini, yang masing-masing dilengkapi juga dengan fungsi yang berbeda-beda dan fitur-fitur yang khusus yang datang bersama mereka. Jadi, sebelum kita membeli printer, terlebih dahulu kita harus tahu, apa yang paling diperlukan dan harus dicari dalam sebuah printer untuk mendapatkan hasil yang menggembirakan untuk keperluan bisnis maupun pekerjaan kita.

Inilah yang harus Pertimbangkan

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Jika kita suka dengan resolusi yang tinggi dan kemampuan cetak yang cepat, terutama jika bisnis yang kita lebih pada desain, gambar, grafik, dan semacamnya, maka kita harus memilih printer yang akan menghasilkan kualitas dan kemampuan seperti ini. Namun jika hanya untuk mengerjakan pekerjaan rumah, maka sebuah printer dengan resolusi cetak dan kecepatan cetak yang rendah bisa jadi sudah memadai. Bagi sahabat yang selalu bepergian, mungkin sebuah printer portabel ukuran kecil akan lebih sesuai.

Antara Inkjet dan Laser Printer

Untuk digunakan di rumah atau kantor kecil, printer inkjet merupakan kebutuhan primer yang paling sering digunakan. Printer ink jet jauh lebih murah jika dibandingkan dengan printer laser. Meskipun begitu, printer inkjet saat ini telah cukup memberikan kualitas hasil cetak yang tinggi dengan kinerja yang cukup mumpuni. Di sisi lain, printer laser biasanya digunakan oleh banyak perusahaan, terutama yang monokrom. Printer laser memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan juga mempunyai kualitas resolusi yang tinggi saat mencetak. Sebuah perusahaan dapat mampu mencetak sejumlah besar dokumen hanya dalam waktu yang singkat. Memang harganya jauh lebih mahal daripada printer inkjet, tapi itu semua itu tidak masalah sepanjang memang sesuai kebutuhan.

Printer Multifungsi (All-In-One Printer) dan Printer Photo

Printer multifungsi merupakan kombinasi dari printer, scanner, mesin fax, dan mesin fotokopi dalam satu perangkat, meskipun terkadang salah satu dari kombinasinya tidak termasuk di dalamnya, mesin fax misalnya. Beberapa orang mendapati printer ini lebih praktis karena mereka dapat menjalankan semua fungsinya hanya dalam satu perangkat, dan memungkinkan mereka untuk tidak membeli perangkat secara terpisah. Hal ini juga tentunya lebih menghemat ruangan dan juga menghemat harga dari masing-masing printer, mesin fotokopi, scanner,  dan mesin fax jika dibeli secara terpisah, sehingga printer multifungsi jatuh harganya lebih murah. Untuk foto printer, di sisi lain memberikan kualitas jauh lebih baik untuk pencetakan foto atau gambar, namun kartrid tinta originalnya bisa lebih mahal. Tetapi meskipun begitu, beberapa printer foto telah memiliki cartridge tambahan untuk warna neon yang konon sangat populer digunakan saat ini.

Sahabat Rumah Cahaya, meskipun artikel mengenai tips atau cara memilih printer yang tepat ini hanya singkat saja, tidak terlalu rinci. Namun, semoga cukup berguna bagi Anda yang sedang bingung dalam memilih printer yang harus dibeli yang sesuai dengan kebutuhan Anda. ~Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

5 tanggapan untuk “Cara Memilih Printer Yang Tepat”
  1. E. MUHAMAMAD AHYAR says:

    Terimakasih ….., ini sangat membantu saya, karena saya sudah sedikit merasa risih dengan printer, sampai saat ini aku sudah membeli 9 bh printer dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, mudah2an dengan informasi ini dapat membantu saya untuk memilih printer yang tepat untuk usaha saya.

    [balas komentar di sini]

  2. anoys says:

    Gan mau nanya ni…
    berpengaruh enggak pada head ato catrig printer yang mencetak misalkan saja cetak blanko kosong undangan yang mempunyai motif misalkan saja tinta timbul misalkan saja tulisan undangan yang memang sudah ada saat kita membeli balanko tsb..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Anoys,

    Kemungkinan berpengaruh ya, karena ketidakrataan tersebut. Tapi karena saya tidak mengetahui banyak tentang hal-hal yang bersifat teknis terkait dengan komponen printer, maka saya bilang saja bahwa saya tidak mengetahuinya, hehehe.

    [balas komentar di sini]

  3. Cami says:

    Gan untuk mencetak undangan dengan printer laser, yang pas printer laserjet merk apa, hemat juga murah.

    [balas komentar di sini]

  4. Pengen beli printer epson aja. Lebih awaet kayaknya. Terimakasih.

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!