Cara Berinvestasi Emas Yang Aman & Mudah

Cara Berinvestasi Emas Yang Aman dan Mudah

Cara Aman Investasi Emas

Sebelum saya tuliskan kiat-kiat atau tips tentang bagaimana cara berinvestasi emas yang aman dan mudah, maka terlebih dulu saya akan bertanya kepada Anda sahabat Rumah Cahaya, “Apakah Anda mau punya untung yang besar dan mudah dari investasi emas?” Saya yakin, rata-rata jawaban yang Anda berikan, “Pasti mau..!”

Siapa sih yang tidak mau meraup untung besar dari investasi emas? Hmm, pastinya hampir semua orang menginginkannya. Namun kita cukup prihatin, karena belakangan ini terdengar kabar, bahwa banyak  sekali penipuan dengan modus penawaran berbagai bentuk investasi, termasuk investasi emas. Ya, baru-baru ini masyarakat dihebohkan oleh berita tentang adanya lembaga investasi emas yang membawa lari uang yang telah diinvestasikan oleh para nasabah/investornya.

Investasi emas memang cukup banyak menarik perhatian dan minat berbagai kalangan masyarakat, dari mulai pedagang, pengusaha, karyawan, hingga pensiunan. Hal ini dikarekan investasinya dinilai bersifat stabil karena emas bersifat zero inflation, yang artinya harga emas tidak bisa dipengaruhi oleh inflasi. Harga emas akan naik seiring dengan kenaikan harga berbagai komoditas,  sehingga bilamana harga-harga komoditas tersebut naik, harga emas pun ikut naik. Selain itu, emas pun merupakan aset yang sangat mudah diperjual-belikan, dimanapun tempatnya serta kapan pun waktunya. Sehingga bilamana sedang membutuhkan uang dengan segera, para pemiliknya dapat langsung menjual/mencairkan emas yang mereka miliki.

Bagaimana Cara Berinvestasi Emas Yang Aman?

Jika Anda sudah berencana ingin berinvestasi dalam bentuk logam mulia berupa emas, maka Anda tidak perlu mengurungkan niat baik tersebut. Namun ada beberapa kriteria ‘janggal’ yang perlu Anda perhatikan saat ada tawaran investasi dalam bentuk emas, yakni:

  • Menjanjikan keuntungan yang pasti. Padahal dalam berinvestasi, keuntungan tidak selalu didapatkan, tapi mungkin juga akan mengalami kerugian.
  • Prosentase keuntungan yang diperoleh cukup tinggi. Padahal dalam investasi, tidak terdapat angka yang pasti dalam hal keuntungan. Nilai keuntungan¬† per bulannya tidak selalu sama.
  • Selalu menjanjikan hal-hal yang manis tentang investasi yang ditawarkannya.
  • Tidak jelasnya alamat kantor atau perusahaan investasi. Apalagi yang hanya memiliki alamat situs secara online, namun alamat offlinenya tidak diketahui dengan pasti.
  • Tidak menggunakan hukum sesuai syari’ah untuk pembagian hasilnya. Hal ini penting, karena investasi yang baik dan benar harus bebas dari unsur-unsur ribawi yang jelas-jelas diharamkan.
  • Dan hal-hal lainnya yang tidak wajar dan meragukan.

Nah, seandainya menemukan lembaga atau perusahaan investasi dengan kriteria-kriteria seperti tersebut di atas, saya ingatkan Anda supaya waspada.

Tips Investasi Emas Yang Aman dan Mudah

Berikut beberapa tips tentang cara berinvestasi emas yang aman dan mudah serta bisa Anda jalankan saat memutuskan untuk mulai berinvestasi emas:

1. Memilih Lembaga Yang Terpercaya

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Kenalilah betul-betul lembaga atau perusahaan invetasinya sebelum Anda melakukan investasi emas. Lembaga yang cukup kredibel pada umumnya tidak pernah menjanjikan return emas yang besar dan menawarkan keuntungan investasi yang berlipat ganda.

2. Mengenal Jenis Investasi Yang Tersedia

Dalam investasi emas, ada jenis investasi yang sifatnya membeli emas untuk dimiliki, dan ada pula jenis investasi untuk mempergunakan emas tersebut dalam rangka menghasilkan keuntungan kembali. Anda harus lebih teliti mengenai kredibilitas lembaga investasi untuk jenis yang kedua tadi.

3. Memilih Lembaga Syari’ah

Meskipun banyak investasi emas yang menggunakan istilah syari’ah, Anda tetap harus berhati-hati. Apakah benar lembaga atau perusahaan tersebut menjalankan investasinya sesuai dengan syari’ah Islam atau tidak. Bagi ummat Islam, investasi yang tidak sesuai syari’ah bisa dihukumi haram karena mengandung unsur riba seperti adanya bunga misalnya, karena hal ini akan berdampak pada hal-hal yang bisa menimbulkan aneka kejahatan di kemudian hari bagi orang-orang yang menikmati (memakan) riba-nya. Jadi, sebaiknya pilihlah lembaga yang telah memiliki legalitas halal dan sesuai syari’ah dari Majelis ‘Ulama Indonesia (MUI).

4. Mengetahui Cara Memilikinya dengan Mudah

Untuk memiliki emas dengan cara yang mudah, Anda bisa memilih layanan dari berbagai lembaga perbankan syari’ah yang terpercaya serta memiliki kredibilitas dan layanan pembiayaan kepemilikan emas yang sangat mudah bagi para calon nasabah/investornya. Sehingga, kebutuhan Anda akan investasi logam mulia berupa emas dapat terfasilitasi dengan baik, dan Anda pun tidak perlu waktu yang lama untuk memulai investasi.

Baik sahabat, saya cukupkan di sini artikel berisi kiat-kiat atau tips cara berinvestasi emas yang aman dan mudah ini. Semoga artikel yang cukup singkat ini berguna dan bermanfaat buat kita semua.. ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!