Bisnis Pertukangan Kayu

Bisnis Perkayuan

Usaha Pertukangan Kayu

Jika pada beberapa waktu yang lalu saya pernah mengulas tentang bisnis kayu Albasia, dimana saya pun pernah menekuninya. Maka di postingan kali ini saya hanya akan menuliskan ulang sebuah artikel yang bersumber dari orang lain, yaitu tentang prospek atau peluang bisnis pertukangan kayu. Isi artikelnya kurang lebih sebagai berikut:

Gunakan keterampilan pertukangan Anda dengan memulai bisnis yang menguntungkan. Bisnis pertukangan kayu (woodworking) adalah cara yang menyenangkan untuk menghasilkan uang. Artikel ini juga menawarkan tips tentang memulai dan menjalankan usaha pertukangan kayu.

Bisnis pertukangan kayu sangat ideal terutama untuk orang-orang yang gemar (hobi) melakukan pekerjaan dengan tangan-tangan mereka. Ada begitu banyak produk yang sangat berharga saat ini yang menggunakan teknik woodworking. Furniture merupakan salah satu contoh yang baik dalam hal ini, dan mainan yang terbuat dari kayu pun telah menjadi salah satu produk yang diminati oleh pasar.

Bila Anda sedang mencari peluang bisnis dimana Anda pun memiliki keterampilan pertukangan serta bakat yang mendukung, maka alangkah baiknya jika Anda menjelajahi bisnis industri perkayuan ini, karena memulai bisnis perkayuan merupakan perkara yang sederhana dengan syarat Anda telah dibekali dengan pengetahuan yang cukup. Berikut adalah beberapa petunjuk yang dapat memandu Anda saat ingin memulai usaha perkayuan (pertukangan kayu) Anda sendiri.

Pertama, mencari tahu apa jenis barang yang Anda ingin mengkhususkan diri di dalam pembuatannya, apakah itu dekorasi rumah, furniture, mainan, ataukah yang lainnya. Peralatan yang akan Anda investasikan pun terutama akan sangat tergantung kepada jenis produk mana yang Anda berencana untuk memproduksinya.

Kedua, mencari pemasok yang baik untuk kebutuhan kayu dan peralatan yang diperlukan. Pastikan pemasok yang Anda pilih akan memberikan nilai kerjasama yang terbaik berdasarkan kesepakatan, sehingga dengan melakukan hal itu lebih jauhnya lagi akan mempengaruhi kualitas produk yang dibuat, dimana tinggi rendahnya kualitas produk merupakan salah satu yang paling mempengaruhi nilai jual di bisnis ini. Biasanya, Anda perlu untuk membeli klem, gergaji, meteran, palu, bor tangan, pahat, dan sebagainya.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Ketiga, mencari ruangan atau tempat dimana Anda akan bekerja. Jika operasi pekerjaan yang Anda lakukan kecil, sebuah garasi atau sebuah ruangan di dalam rumah pun sudah mencukupi. Namun, apabila Anda berencana untuk memulai sebuah bisnis pertukangan yang besar, maka Anda perlu menyewa sebuah tempat atau ruang dimana Anda dan para pengrajin Anda dapat memproduksi aneka macam barang. Biaya tambahan untuk penyewaan dan utilitas harus dihitung dan digunakan sebagai pertimbangan ketika akan membuat skema harga.

Keempat, mengidentifikasi target pasar dan mengembangkan kampanye atau promosi yang sesuai dengan target pasar yang dibidik tersebut. Ada banyak cara untuk dapat mengiklankan barang dagangan Anda. Apakah itu dengan menayangkan iklan di internet atau di papan buletin lokal, di majalah-majalan bisnis dan perdagangan, dan sebagainya. Kuncinya adalah untuk membangun bisnis dan memperkenalkan namanya ke pasaran.

Kelima, mencari saluran penjualan yang masuk akal. Membangun sebuah website untuk penjualan adalah pilihan yang cukup baik karena memungkinkan Anda guna menjangkau pasar yang lebih luas. Jika memungkinkan, lengkapilah website Anda dengan kemampuan e-commerce. Selain itu, Anda juga dapat berpartisipasi di dalam pameran-pameran perdagangan, pameranĀ  seni dan kerajinan, dan event-event lainnya.

Keenam, menjelaskan, mengeksplorasi, dan menemukan. Lihatlah tren pasar dan lihat pulalah para pesaing Anda. Buatlah citra bahwa produk Anda adalah yang lebih baik daripada produk mereka para pesaing Anda. Jangan menghambat kreativitas dan imajinasi. Cara terbaik untuk membangun ceruk pasar adalah dengan mengembangkan desain produk unik yang Anda punya. Ingatlah pula untuk membuat desain produk tersebut dilindungi oleh hak cipta sehingga tidak ada orang lain yang dapat menjiplak seenaknya.

Ketujuh, dalam pembuatan produk Anda, pastikan Anda dan para pekerja mematuhi peraturan keselamatan, karena dalam bisnis perkayuan yang Anda geluti pastinya harus menggunakan mesin-mesin atau alat-alat tajam seperti mesin gergaji, bor, pisau, pahat, dsb. sehingga untuk menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi, selalulah untuk berhati-hati.

Delapan, selalu utamakan kepuasan pelanggan. Keberhasilan bisnis tidak hanya tergantung kepada jumlah pelanggan yang tertarik untuk datang ke rumah produksi atau toko Anda. Namun yang lebih penting lagi adalah untuk terus mempertahankan jumlah pelanggan yang Anda miliki. Membuat mereka datang kembali dan memberikan pelayanan seolah mereka adalah raja.

Sahabat Rumah Cahaya, kurang lebih itulah isi artikel mengenai peluang bisnis pertukangan kayu yang saya peroleh dari sebuah sumber. Semoga bermanfaat… ~Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!