Bisnis Modal Kecil Untung Besar. Mau?

April 29, 2013 oleh 1 Comment
Kategori: Entrepreneurship 
Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Bisnis modal kecil untung besar. Duhh.. siapa sih yang tidak mau ya sahabat Rumah Cahaya. Tapi mungkinkah bisnis dengan modal kecil bisa mandatangkan keuntungan yang besar? Jawabannya, “Sangatlah mungkin”. Malahan sebaliknya tidak jarang kita dengar, banyak orang yang mengeluarkan modal yang besar untuk bisnis, tapi keuntungan yang mereka dapatkan dari bisnisnya sangat kecil, bahkan tidak jarang pula yang mengalami kerugian.

Memang tidak sedikit orang yang mempunyai keinginan untuk berwirausaha, akan tetapi seringkali mereka mengalami kendala, yaitu terbentur pada masalah permodalan. Apa sebabnya? Tidak lain adalah pada pola pikir (mindset) mereka, mereka beranggapan untuk memulai suatu bisnis atau usaha harus selalu dimulai dengan modal yang besar.

Ada sebuah cerita menarik, dimana ada seseorang yang mempunyai keinginan untuk membuka bisnis pakaian muslimah. Ia juga memiliki seorang teman sekaligus mitra bisnisnya, dan ia menganggap bahwa temannya tersebut cukup memiliki perencanaan yang bagus dalam hal berbisnis.

Setelah temannya melakukan perhitungan analisis modal, ternyata untuk membuka bisnis pakaian muslimah dibutuhkan dana sekitar 25 juta rupiah. Dana tersebut dialokasikan untuk menyewa sebuah toko kecil di kawasan yang banyak dihuni oleh mahasiswi muslimah sebuah universitas, untuk membeli perlengkapan toko, pajangan baju-baju muslim, kerudung, dan juga aksesorisnya.

Untuk memperoleh dana yang dibutuhkan, ia pun mengemukakan ide bisnisnya kepada orang tuanya. Mengetahui akan ide bisnis anaknya tersebut, orang tuanya langsung menyetujui dan mengucurkan dana segar yang dibutuhkan sebagai modal awal. Tidak berapa lama kemudian toko kecil yang menjual busana muslimah pun ia buka.

Bisnis pun kemudian berjalan sekian bulan lamanya, tapi apa daya.. seiring berjalannya waktu ternyata bukan keuntungan yang ia peroleh. Modal bisnisnya makin menyusut hingga akhirnya ia pun terpaksa harus menutup tokonya. Modal awal sebesar 25 juta rupiah yang diberikan orang tuanya habis, yang tersisa hanyalah perlengkapan toko berupa tempat pajangan dan beberapa potong baju muslimah.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Bukan hanya kerugian materi yang ia rasakan, sepertinya ia pun sudah tak memiliki muka lagi di hadapan orang tuanya. Lantas ia berfikir dan terus berfikir untuk berusaha bangkit dari keterpurukan dan membangun bisnis baru yang menghasilan supaya kepercayaan dari orang tuanya ia peroleh kembali. Namun kali ini bukan lagi modal usaha yang besar yang akan ia gunakan, karena selain trauma oleh kerugian sebelumnya, dananya pun sudah tak ada lagi.

Bisnis Modal Kecil Untung Besar Pun Terbukti !

Akhirnya pada suatu ketika Allah pun memberinya sebuah ide, ia berpikir untuk kembali membangun bisnis pakaian, namun kali ini bukanlah pakaian muslimah seperti dulu, tapi berupa pakaian rajut. Ide bisnis ini ia peroleh dari seorang tetangganya yang telah lebih dulu membangun bisnis tersebut. Kepada tetangganya inilah, ia pun dengan sengaja datang dan mempelajari rajutan. Setelah cara membuat baju rajutan dikuasai, akhirnya rasa percaya diri untuk memulai bisnis pun kembali ia miliki.

Untuk mulai membuka bisnis pakaian rajut, modal awal yang ia dapatkan diperoleh dari tabungan jatah bulanan yang dikirim oleh orang tuanya sebesar 1 juta rupiah. Berbekal kerja keras serta ketekunan yang dimilikinya, maka dalam waktu beberapa bulan saja ia pun sudah bisa melipat-gandakan pendapatannya hingga mencapai 8 sampai dengan 15 juta rupiah setiap minggunya, dan ia pun bisa memperoleh kembali kepercayaan orang tuanya.

Nah sahabat, cerita di atas sudah cukup bagi kita untuk dijadikan pelajaran berharga, bahwa ternyata modal yang besar bukanlah jaminan untuk sukses dalam berbisnis, apalagi jika tidak didukung dengan rencana, manajemen usaha, dan pemasaran yang bagus. Sebaliknya, walaupun hanya menjalankan bisnis dengan modal kecil, tapi bila bisnisnya dibangun dengan keuletan berfikir dan kerja keras, maka bisnis yang dijalankan pun akan tumbuh dan berkembang dengan pesat serta menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Jadi yuk.. kita mencoba untuk mengubah pola pikir atau mindset kita. Jangan lupa pula untuk senantiasa memohon petunjuk, memohon kekuatan untuk bangkit, serta berserah diri kepada-Nya disamping melakukan ikhtiar lahir secara maksimal. “Man jadda wajada”, siapa yang bersungguh-sungguh maka akan mendapatkan, sehingga bisnis modal kecil untung besar pun bukan hanya angan-angan, tetapi menjadi kenyataan. In sya Allah…

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.. ~ Cepi Nugraha

Komentar

One Response untuk “Bisnis Modal Kecil Untung Besar. Mau?”
  1. angga treyana says:

    Law da yg bs ngsih modal sya month jalinin..

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!