Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online

July 3, 2014 oleh 45 Komentar
Kategori: Bisnis Online 
Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online

Bisnis Batu Permata Online

Setelah 5 bulan absen tidak menulis artikel di Rumah Cahaya ini, maka Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online menjadi judul tulisan saya kali ini. Tulisan yang temanya agak jauh berbeda dengan tema-tema yang biasa diangkat pada tulisan-tulisan sebelumnya, kecuali dengan artikel yang berjudul Menjadikan Hobi Sebagai Ide Usaha, boleh jadi temanya ada keterkaitan, karena memang dari sejak lama saya sudah cukup hobi dengan yang namanya batu permata, baik itu batu mulia maupun batu akik, dan sekarang hobi atau kegemaran saya itu saya jadikan sebagai sebuah bisnis atau usaha.

Entah sudah berapa bulan lamanya saya belajar bisnis jual-beli batu mulia dan batu akik, mungkin kurang lebih baru setengah tahunan kalau dihitung ke belakang dari saat sekarang saya menuliskan artikel ini. Ya, masih baru dan belum setahun, padahal sebenarnya keinginan untuk memulai usaha batu permata secara online ini sudah ada sejak lama, namun keinginan tersebut saya tunda-tunda karena di tempat saya tidak ada pemasok barangnya, sehingga saya berfikir untuk berjualan online saya harus mencari batunya ke kota atau ke tempat yang agak jauh untuk membelinya atau sekedar bekerjasama dengan para pebisnis batu yang biasa berjualan di pasar-pasar offline, dan terus terang saya malas untuk itu.

Pada suatu hari saya pun mengetahui ada seorang pengrajin ikat perak untuk batu permata yang menikahi anak perempuan tetangga dan ia tinggal di kampung kami sehingga kami bertetangga. Keinginan untuk memulai bisnis jual-beli batu mulia online pun muncul kembali, namun karena ia hanya bergelut di kerajian peraknya saja, tidak menyediakan banyak batu di tempatnya, maka keinginan saya pun tertunda kembali.

Langkah Awal Memulai Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online

Alhamdulillah jika telah tiba saatnya Allah berkehendak, memang alasanya pun secara zhahir seolah tanpa disengaja. Saat itu salah seorang paman saya menawarkan salah satu cincin batunya karena terdorong kebutuhannya akan cat lukis, dimana cat tersebut diperlukan untuk mengerjakan lukisan di atas kaca. Harga yang ia tawarkan pun tidak seberapa dan harganya makin menurun karena terdesak oleh kebutuhannya tadi. Akhirnya meskipun agak berat hati mengingat isi dompet yang sedang menipis, maka saya beli cincin batunya tersebut dengan niatan untuk menolong. Yaa, ngasih uang belum bisa, setidaknya saya terima tawarannya, hehehe.

Saat itu saya pun berfikir, mungkin telah tiba saatnya bagi saya untuk mencoba memulai keinginan yang telah lama ditunda-tunda tadi. Maka mulailah saya menawarkan secara online cincin batu tadi yang konon namanya batu Jambrud Hijau Muda. Cincin tersebut saya tawarkan di salah satu atau di dua situs iklan gratis di internet, dan pada saat itu saya belum tahu batu Jamrudnya origin atau berasal dari negara mana, dan apakah itu benar-benar batu Zamrud atau bukan, pokoknya di situs iklan tadi pun saya kasih nama seperti nama yang paman saya kasih, yaitu Cincin Batu Jamrud Hijau Muda (belum tau sama sekali tentang Jamrud Columbia, Zambia, Brazil, atau Jambrud yang lain). Disamping itu saya iklankan juga satu atau beberapa cincin batu lainnya, diantaranya sebuah cincin batu akik berwarna hitam yang saya terima dari bapak saya sendiri.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Setelah tidak berapa lama tayang di internet, ada dua orang yang berminat dengan batu tadi menghubungi, yang seorang dari luar negeri dengan kata-kata berbahasa Inggris, dan yang seorang lagi berasal dari negeri sendiri, tepatnya dari kota kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dan ia seorang perempuan. Awalnya peminat dari Tasik tersebut tertarik kepada batu hitam yang saya sebutkan di atas,  namun kemudian ia beralih menjadi tertarik dengan batu Zambrud tadi, dan terjadilah transaksi jual-beli, dan pada akhirnya barang pun saya dijual serta dipaketkan kepadanya. Inilah penjualan batu permata pertama saya secara online di internet!

Setelah penjualan pertama, maka saya mulai tawarkan satu atau dua batu lainnya, diantaranya sebuah batu Ruby daging yang juga saya tawarkan di internet dengan terlebih dahulu meminta izin dari bapak. Kenapa saya harus meminta izin beliau? Karena saya dulu mendapatkan batunya dari bapak. Saat itu di hari raya ‘Idul Fitri, yang entah sudah bebeberapa tahun atau belas tahun yang lalu, saya pun lupa untuk mengingatnya. Karena mungkin melihat jari saya tidak memakai cincin seperti waktu-waktu sebelumnya, maka bapak menawarkan dan menyuruh saya memilih salah satu diantara beberapa koleksi batu permatanya, dan pilihan saya pun jatuh kepada batu Ruby daging tadi. Ya.. itulah diantara kasih sayang orang tua terhadap anaknya yang tidak akan pernah terputus sepanjang masa. Bila di belakang hari kemudian saya memutuskan untuk menjualnya, itu karena di jari saya sudah ada cincin permata lain yang lebih saya sukai, dan tidak berapa lama dari penayangan iklan, batu ini pun terjuallah kepada salah seorang kolektor dari Jakarta.

Demikianlah, perlahan tapi pasti, batu-batu permata yang saya tawarkan di internet terus bertambah, demikian pula dengan penjualan serta pengiriman paket ke berbagai kota dan daerah. Dan ternyata setelah saya benar-benar memulainya, untuk mendapatkan batu-batu permata pun tidak sesulit dan secapek yang dibayangkan. Selain mendapatkan dari orang tua, dari paman yang rutin menawarkan batu-batu milik teman atau kenalannya, serta dari teman dekat, ternyata tanpa diduga saya pun bisa mendapatkannya secara online pula, dan melalui online juga saya bisa berkenalan dengan para kolektor atau penjual batu yang lain yang awalnya tertarik dengan koleksi batu saya, justru pada akhirnya mereka menitipkan batu-batu permatanya untuk saya bantu  jualkan. Alhamdulillah…meskipun modal sendiri tidak seberapa, tapi dengan adanya amanah dari mereka, setidaknya saya bisa menjual berbagai jenis batu permata.

Membuat Situs Jual-Beli Batu Permata Online

Saya pun telah membuat situs jual-belinya tersendiri dan memposting beberapa batu mulia seperti batu Safir, Ruby, Jambrud, bacan, dan sebagainya di situs tersebut, meskipun untuk saat sekarang belum semua stocknya saya posting di sana (kebanyakan masih di posting di situs iklan) dengan alasan sibuk dengan kegiatan lain, urusan keluarga, dan berbagai alasan lainnya. Situsnya berbentuk toko online yang sederhana saja, dengan koleksi batu permata yang juga masih batu-batu yang berharga murah, dengan sasaran kelas menengah ke bawah. Situsnya saya kasih nama domain www.batumania.com. Silahkan jika Anda berkenan untuk mengunjunginya, apalagi jika sampai membeli barang dagangannya. 😀

Baik, inilah artikel saya di awal bulan Juli 2014 ini, artikel yang baru saya tulis lagi setelah saya absen sekian lama. Pastinya diantara alasan absen saya dari membuat tulisan di blog ini salah satunya adalah karena kesibukan saya dengan usaha yang baru saya rintis dan pelajari, yaitu usaha atau Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online tadi. Mohon do’a dari sahabat-sahabat ya.. supaya usaha yang saya rintis ini cepat berkembang, sukses, dan berkah. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.. Terimakasih, Jazakumullaahu khairan katsiraa. ~Cepi Nugraha

Komentar

45 tanggapan untuk “Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online”
  1. yudi says:

    saya hanya kagum dengan perjuangan anda bisnis jual beli batu online.
    sealin itu saya ingin menawarkan bebrapa jenis batu giok aceh.
    Idocrase, anggur, belimbing, solar, biosolar, netfrite dll…
    saya juga menjual borongan harga grosiran utk pedagang..
    silahkan email saya di diyu.recruitmen@yahoo.com

    Semoga sukses usahanya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Boss Yudi,
    Terimakasih telah baca-baca artikel yang saya tulis. Salam kenal juga dari saya yang masih “mentah” di bidang perbatuan ini..

    Bagi para peminat batu-batu permata, tawaran Pak Yudi boleh juga tuh.. Silahkan tinggal kontak ke alamat emailnya di atas jika Anda memerlukannya.

    [balas komentar di sini]

    jefri Reply:

    Boleh tau dlu rata” permata yg d tawarkan utk d jual itu brapa karat dan ukurannya.. Barusan berniat mencoba bisnis ini kemarin.. Mobon d bagi tipsnya. 😀 thx.. Dari medan..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ban Jefri,

    Carat dan dimensinya bebas aja Bang, yang penting masih banyak peminatnya. Misalnya saja safir Ceylon di bawah 1 Carat dengan dimensi sekitar 5 x 4 x 2 mm pun masih saja ada peminatnya.

    [balas komentar di sini]

    Fharid Reply:

    Boss yudi bisa mnta alamatnya atw no HP nya..

    [balas komentar di sini]

    julidar Reply:

    pagi pak mohon infonya ini batu jenis apa ya…tlg di buka.

    https://www.facebook.com/video.php?v=379549045559532&set=o.506992305987481&type=2&theater

    [balas komentar di sini]

  2. Heri says:

    Sebuah kisah yang sangat menarik om… Dan membuat saya semakin tertarik untuk mulai mencoba dalam menekuni batu akik

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Heri,

    Terimakasih telah membaca cerita saya di atas.
    Jika suatu saat sudah benar-benar terjun menekuni batu akik, kabar-kabari ya, hehehe.

    [balas komentar di sini]

    Heri Reply:

    Siap om hehehehe…

    [balas komentar di sini]

  3. agus tianto says:

    mantappp.sama seprti saya bisnis batu akik,tapi gak sehebat sampean mas..lanjutkan mas,semoga sukses.amin

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Agus,

    Wahh, saya baru saja memulai mas, belum apa-apa..hehehe.
    Terimakasih dorongan semangat serta do’anya ya… Demikian pula do’a saya buat mas Agus. Aamiin..

    [balas komentar di sini]

  4. syae sundanese says:

    Kerenn awalan bisnis’a… Jd kepengen ikutan maen d batu permata euuyyy…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Syae Sundanese,

    SIlahkan atuh main, jangan tanggung-tanggung…modali saya sekalian, 😀

    [balas komentar di sini]

  5. putra says:

    mau tanya harga batu bio solar berapa ya…

    makasih

    [balas komentar di sini]

  6. ustadmurrod says:

    batu bacan sangat tinggi harganya karna menurut suatu keyaqinan ada hal kelebihan dlm batu bacan itu.menurut saya yang harus lebih mahal dari batu-batu yang lainya ialah batu yaqut. karna keterangan batu yaqut ini ada dlm al qur’an.

    [balas komentar di sini]

  7. ustadmurrod says:

    pabila ada ihkwan yang memerlukan info batu yang baik untuk diri anda infokan ke; (081298285870)ustadmurrond@yahoo.com.

    [balas komentar di sini]

  8. ustadmurrod says:

    saya setuju dng om yudi jamrud hijau itu lebih mahal dari bacan loh.om yudi sipp

    [balas komentar di sini]

  9. ricka sichiko says:

    Permisi Gan.saya punya beberapa koleksi batu mentah yang unik dari alam cocok buat batu akik/cincin.jika ada yg minat bisa hub.pin bb 28DF574C,hp 081335102536.haturnuwun,,

    [balas komentar di sini]

  10. chairul says:

    Saya Salut dengan perjuangan bisnis anda..! Memang bisnis batu akik saat ini mmang mnjajikan.. Dan tman” saya pun satu dua telah beralih ke bisnis ini walau tidak scara online… Dan saya sendiri saat ini trtarik dgn bisnis INI.! Dan saya saat ini juga tidak begitu tau dngan nama Dan jenis” batu akik..! Setelah membaca postingan anda saya mkin trtarik dgn bisnis INI…!!

    [balas komentar di sini]

  11. SOFYAN says:

    Mdh2 an Allah selalu meridhoi setiap usaha dan ihktiar yg kt lakukan …,
    sm Bang sy jg bru memulai usha ini, MAJU TRUS PANTANG …. MUNDUR …

    [balas komentar di sini]

  12. vidix says:

    mas..seruh bangt perjuangannya. minta tolong dong kumnjungi facebook aq tranzorc@gmail.com lihat halaman aq batu permata calsedon. ada beberapa batu yg saya buat dn mw saya jual. tp gak tw nama batunya. mkasih sbelumnya gan

    [balas komentar di sini]

  13. irma says:

    mau jual batu mulia ada 4 tapi bingung jual kemana bos saya suruh jualnya

    [balas komentar di sini]

  14. lastri silaban says:

    Ini aku ada 2 batu.yaitu batu bergambar malaikat dan ikan Di dalam batu.baru batu getah kayu,uniknya getah kayu ini ada 2warna.hitam dan warna susu.dam batu ini memang udah langka.bagi yang berminat hub 0821 6894 6812.terima kasih.tolong dipublikasikan jadikan ya pa…

    [balas komentar di sini]

  15. lastri silaban says:

    Batu bergambar malaikat dan ikan,dan batu getah kayu.uniknya getah kayu ini ada 2 warna.hitam dan susu.bagi yg minat hub 0821 6894 6812

    [balas komentar di sini]

  16. asep nurdin says:

    Maaf ane mau jual batu antik n ada tulisan unik yaitu lapadz allah.yang minat bisa hubungi 083821875054

    [balas komentar di sini]

  17. mau jual batu mu lia kmna ys

    [balas komentar di sini]

  18. Haryanto ponco says:

    Paman saya pnya batu bergambar harimau yg mau di jual 250 juta,batu ini dia dpt di phon bambu 18 thn yg lalu,paman sy jualan bakso keliling pas mau plng jualan bakso sekitar jam 02:00 malam di phon bambu ada sinar yg sngat terang,dia dekati dan di ambil sampai rmh di lihat batu ,ternyata batu itu bergambar harimau,na skrng batu tu mau di maharkan 250 jt bagi yg serius hub. Haryanto tlp 082111458374,klu pengen lihat dulu bleh datang ke rumah sy untuk melihat asli apa ga batu pnya paman sya

    [balas komentar di sini]

  19. hairuddin tahir says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Saya ada stok batu zamrud asli afghanistan dan saya bertugas di kabul, afghanistan
    yang berminat bisa hub ke email sy : tahirhairuddin@yahoo.com dan posisi batu ada di kabul,
    terimakasih
    Hairuddin Tahir

    [balas komentar di sini]

  20. sahilmi says:

    Saya mempunya black diamond afrika natural 29.5 carats untuk dijual harga 2.5 Milyar rupiah

    [balas komentar di sini]

  21. ardi says:

    sy mau jual baru permata ross red,,terlihat merah tua ttpi jika kna cahaya brubah menjadi ping,,mempuyai seter 3 yg bermain,,,batu ini klau d’perhatikan mmpunyai serat bergambar orang sedang sujud,,,,jika berminat hub,085774726230

    [balas komentar di sini]

  22. Darwianto says:

    Assalamualaikum wr wb.
    Nama saya darwianto dari kaltim.saya punya batu akik red borneo kristal.saya mau jual 5 juta nego.bagi kawan2 yg serius bisa hubungi saya dinomor 082157679623,trima kasih sebelumnya…
    Wassalam.

    [balas komentar di sini]

  23. alredha yuris says:

    Mas, saya mempunyai bahan batu akik lumut merah ± 17 Kg, yang berminat bisa hub ke email saya ardimaniaa@yahoo.co.I’d

    [balas komentar di sini]

    irwan rici Reply:

    > Permisi Teman-Teman Bagi PeCinta BATU BACAN ASLI TERNATE Kami Siapkan BONGKAHAN BATU BACAN DOKO DAN PALAMEA ASLI TERNATE

    Kondisi bahan ;
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    – Bahan tua (galian lama)
    – Kualitas super kristal,sudah tembus
    – Bahan keras dan padat
    – Siap gosok poles
    – Daging utuh, tanpa kapur
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
    – Sesuaikan dengan dana yang anda punya.. jangan terlalu dipaksakan yang ujung – ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain
    – Untuk tanya – tanya silakan hub no yang tertera

    Harga ;
    – 1 ons Rp. 500,000
    – 5 ons Rp. 1.250,000
    – 1 kg Rp. 2.500,000
    – 5 kg Rp. 6,000,000
    – 10 kg Rp. 8.000,000
    – 15 kg Rp. 10.000,000
    (Harga bisa nego)

    Minat hub ;
    – 082385118431
    -pin;59da266a
    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:
    Dan bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:jne/tiki/kantor pos,
    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,terimah kasih,,,Wassalam

    HATI-HATI Salah Org Nnti keTIPU….!!!!!!!!!

    [balas komentar di sini]

  24. didit says:

    mau jual batu akik badar lumut gambar burung
    batu warna hitam bermotif warna hijau.
    2 jt saja. minat, hub:087859691314

    [balas komentar di sini]

  25. didi abriyan says:

    mau jual semua batu: red baron, natural blue safir afrika, batu gambar burung, yakud
    harga 1,5juta
    minat
    hubungi 087859691314

    [balas komentar di sini]

  26. maz says:

    Jual Batu Cincin Batu Intan Berlian 30 juta.suka …like liat di facebook saya ada photonya di email ma_zoelfikar@yahoo.com ada dua buah warna putih bening dan kuning bening..belum ada sertifikat

    [balas komentar di sini]

  27. ari rohmat tofani says:

    Mas saya ari rohmat dari toko jaya permata blita jatim ,saya mau menawarkan kerja sama mas ,saya juga penjual batu akik /atau pun permata sapphire rubi zambrud dll
    Jika mas mau silahkan hubungi saja
    3257973D pin saya mas
    085746316149 hp
    Trimakasih sebelum nya mas
    Senang rasanya jika bisa bekerja sama dengan mas
    Jika mas main ke blitar silahkan mas mapir ke toko saya jaya permata di pasar legi blitar
    Trimakasih dan selamat malam

    [balas komentar di sini]

  28. faiz muzacky says:

    Permisi agan pecinta batu mulia . Saya mau menawarkan batu blue safir , yellow safir , red borneo , ruby , kecubung wulung bagi anda yang minat hubungi : 081289928199 atau pin : 5730F56C

    Surabaya!
    Dijamin asli tembus !

    [balas komentar di sini]

  29. Nopa says:

    Kang cepi emang kekinian…merambah ke batu-batuan juga…hebat kang

    [balas komentar di sini]

  30. pak teguh says:

    JUAL BONKAHAN BACAN ASLI TERNATE.
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL ASLI TERNATE.
    Kondisi bahan ;.
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    – Bahan tua (galian lama).
    – Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    – Bahan keras dan padat.
    – Siap gosok poles.
    – Daging utuh, tanpa kapur.
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga;
    -berat-5.ongs Rp.1.250.000
    -Berat 1.kg Rp 2.300.000
    -Berat 5 kg Rp 6.000.000
    -Berat 10 Kg Rp 8.000.000
    -berat 15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.081807274744
    pin 2b939bde

    [balas komentar di sini]

  31. zaeni gunawan says:

    JUAL BONKAHAN
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL DAN PALAMEA ASLI TERNATE.
    Kondisi bahan ;.
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    – Bahan tua
    – Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    – Bahan keras dan padat.
    – Siap gosok poles.
    – Daging utuh, tanpa kapur.
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga;
    -berat.2 ongs Rp.700.000
    -berat-5.ongs Rp.1.250.000
    -Berat 1.kg Rp 2.300.000
    -Berat 5 kg Rp 6.000.000
    -Berat 10 Kg Rp 8.000.000
    -berat 15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Original untk yg mau pesan hub ;
    Hp.085796817595
    pin 587318f2
    hati-hati salah orang bisa tertipu?

    ^o^ ^o^ ^o^ ^o^ ^o^ ^o^ ^o^ ^o^

    [balas komentar di sini]

  32. irwan rici says:

    > Permisi Teman-Teman Bagi PeCinta BATU BACAN ASLI TERNATE Kami Siapkan BONGKAHAN BATU BACAN DOKO DAN PALAMEA ASLI TERNATE

    Kondisi bahan ;
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    – Bahan tua (galian lama)
    – Kualitas super kristal,sudah tembus
    – Bahan keras dan padat
    – Siap gosok poles
    – Daging utuh, tanpa kapur
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
    – Sesuaikan dengan dana yang anda punya.. jangan terlalu dipaksakan yang ujung – ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain
    – Untuk tanya – tanya silakan hub no yang tertera

    Harga ;
    – 1 ons Rp. 500,000
    – 5 ons Rp. 1.250,000
    – 1 kg Rp. 2.500,000
    – 5 kg Rp. 6,000,000
    – 10 kg Rp. 8.000,000
    – 15 kg Rp. 10.000,000
    (Harga bisa nego)

    Minat hub ;
    – 082385118431
    -pin;59da266a
    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:
    Dan bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:jne/tiki/kantor pos,
    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,terimah kasih,,,Wassalam

    HATI-HATI Salah Org Nnti keTIPU….!!!!!!!!!

    [balas komentar di sini]

  33. xperdgems says:

    saya punya beberapa koleksi batu permata, mungkin ada yang tertarik untuk membelinya,

    silakan buka : https://m.bukalapak.com/xperdgems

    [balas komentar di sini]

  34. faril says:

    Sya punya black diamond asli Kalimantan selatan klo maps berminat hub 082351988723

    [balas komentar di sini]

  35. Batu Mustika says:

    terimakasih atas infonya . .

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!