Bisnis Fotocopy dan Percetakan

February 24, 2013 oleh Kirimkan Komentar
Kategori: Percetakan & Grafika 
Bisnis Fotocopy dan Percetakan

Bisnis Fotokopi

Sahabat Rumah Cahaya.. bisnis fotocopy dan percetakan bisa dikatakan sebagai pasangan bisnis yang ideal karena kedua bisnis ini mempunyai banyak persamaan, yakni ada fungsi yang sama, menggunakan beberapa peralatan yang sama, serta memakai beberapa jenis bahan yang sama, disamping adanya perbedaan juga kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang justru itulah yang membuatnya saling melengkapi satu sama lain.

Bagi Anda yang telah yang menekuni bisnis fotocopy dan sedang mencari bisnis tambahan yang ruang lingkupnya tidak terlalu jauh berbeda, maka tidak ada salahnya bila Anda menambahkan percetakan sebagai bisnis tambahan. Sebaliknya juga bagi Anda yang telah menekuni bisnis percetakan dan sedang mencari bisnis tambahan, tidak ada salahnya bila bisnis foto copy yang Anda pilih.

Persamaan Antara Bisnis Fotocopy danĀ  Percetakan

Mari kita perhatikan beberapa hal berikut ini yang membuat bisnis fotocopy sangat ideal bila bersanding dengan bisnis percetakan:

A. Persamaan Fungsi

Mesin fotocopy dan peralatan/mesin percetakan sama-sama berfungsi untuk mencetak dan memperbanyak dokumen di atas media kertas, baik untuk keperluan kantor, sekolah, dan sebagainya.

B. Persamaan Pada Beberapa Alat Yang Digunakan

Peralatan potong seperti mesin potong kertas atau mesin potong manual kecil atau sekedar pisau cutter dan gunting yang biasa digunakan di tempat fotokopi biasa juga digunakan di percetakan. Termasuk penggaris atau mistar yang terbuat dari logam yang biasa digunakan untuk mengukur atau membantu pemotongan kertas.

Stapler yang biasa disebut juga dengan hekter, pengokot atau dreuk (bahasa Sunda) sebagai alat untuk menyatukan sejumlah lembaran kertas, sama-sama digunakan di kedua bisnis ini, termasuk juga bagi yang mempunyai mesin penjilid.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

C. Persamaan Pada Beberapa Jenis Bahan

Bila kertas HVS, kertas HVO, kertas Buffalo, dan lain-lain dipakai di bisnis photo copy, maka di percetakan juga bahan-bahan tersebut pastinya sering digunakan.

D. Persaman Pada Beberapa Proses Finishing

Potong kertas, penjilidan, pencetakan huruf emas di atas jilid yang biasa dilakukan di tempat foto kopi, biasa juga dilakukan di percetakan.

E. Persamaan Pada Prospek/Pemakai

Para customer yang biasa datang ke tempat photocopy yang umumnya datang untuk keperluan kantor maupun sekolah, tak jarang mereka pun memerlukan hal lainnya, semisal banner/spanduk, stempel, selebaran atau brosur, kartu-kartu, kop surat, amplop, faktur, kartu nama, dan sebagainya yang tentunya tidak semua bisa dilakukan oleh mesin fotocopy, sehingga percetakanlah yang mampu mengerjakannya.

Inti atau kesimpulan yang dapat kita ambil adalah.. jika kita menyatukan bisnis fotokopi dan bisnis percetakan dalam satu atap, maka kita bisa lebih menghemat atau memberdayakan beberapa alat dan bahan yang sama, namun untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dari prospek yang sama bahkan prospek yang lebih luas.

Bisnis Lain Yang Tak Kalah Relevan

Sahabat.. mungkin akan terasa lebih sempurna bila disamping bisnis fotocopy dan percetakan tadi ditambahkan juga bisnis lainnya yang juga masih berkaitan erat seperti bisnis setting komputer atau desain grafis, bisnis pengetikan dan juga bisnis cetak foto. Apalagi penjualan alat tulis & kantor (ATK) serta jasa laminating selalu tersedia di hampir semua tempat fotocopi yang pastinya akan menunjang semua kegiatan tadi. Semoga bermanfaat… ~ Oleh: Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!