Bingung Memilih Usaha Yang Tepat?

November 24, 2008 oleh 28 Komentar
Kategori: Entrepreneurship 

Saya dulu sering kebingungan untuk memilih serta menentukan suatu jenis usaha atau bisnis yang tepat yang akan saya jalankan, dan mungkin diantara Anda juga ada yang mempunyai masalah yang serupa. Jika kebingungan tersebut dibiarkan berlarut-larut, tentu Anda tidak bisa segera memulai usaha serta mendapatkan penghasilan yang Anda idam-idamkan. Karenanya, barangkali tip-tip atau kiat-kiat usaha berikut ini bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang dihadapkan pada permasalahan tersebut.

Pertama, kenalilah diri Anda

Saya yakin, tidak ada manusia yang mengenal potensi dirinya selain dirinya sendiri, tapi karena pandangan manusia sering tertuju ke luar dari dirinya, maka potensi tersebut sering terabaikan, sehingga dirinya sendiri tidak mengetahui. Begitu pun dengan Anda, Anda juga sering kebingungan tentang potensi apa yang ada pada diri Anda.

Untuk menggali potensi tersebut, coba Anda kenali apa saja yang telah Anda miliki, keahlian, kegemaran atau hobi, minat dan bakat Anda, motivasi, serta kesiapan dan kesigapan Anda untuk merintis dan mengelola suatu usaha.

Kedua, mencari peluang usaha

Setelah Anda mengenali potensi yang ada pada diri Anda, maka pilihlah jenis usaha yang paling tepat dan sangat berpeluang bagi Anda. Untuk mencari peluang usaha, ada banyak cara yang bisa Anda tempuh dan lakukan, diantaranya:

  • Bersilaturrahmi, hal ini sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam, apalagi dalam urusan mencari rezeki, hanya tentu saja niatnya harus karena Allah, bukan semata-mata berniat untuk urusan yang lain. Bersilaturrahmi bisa dilakukan dengan teman-teman atau kenalan baru Anda, dengan saudara, atau dengan siapa saja, apalagi jika mereka orang-oragng yang bergerak dalam dunia usaha. Ungkapkan kepada mereka mengenai keinginan Anda untuk mencari produk atau usaha tertentu. Tanyakanlah pada mereka apa saja yang biasa mereka lakukan, bagaimana mereka memulai usaha atau bisnis, bagaimana rencana usahanya ke depan, bagaimana mereka menyiasati persaingan, mengelola resiko, menilai dan memenuhi kebutuhan pasar, dsb. Jika usaha yang Anda minati ada diantara mereka, cobalah pendekatan lebih dalam, misalnya lebih sering berkunjung ke rumahnya, mengajak mereka makan-makan atau sekedar minum, berkunjung ketempat usahanya dll.
  • Dengan membaca koran, tabloid, atau majalah, atau menonton televisei. Saya kira banyak peluang-peluang usaha yang menarik yang bisa kita peroleh di sana.
  • Coba Anda buka-buka juga halaman kuning atau yellow pages yang biasanya disertakan dengan buku daftar telepon. Disana banyak iklan dari berbagai macam produk dan jasa, yang mungkin saja salah satunya bisa menginspirasi Anda untuk memilih usaha yang paling sesuai dan paling berpeluang.
  • Jika Anda gemar membaca buku serta sering pergi ke toko buku, sekarang banyak sekali buku-buku yang bisa Anda jumpai, yang isinya berupa ide-ide, serta kiat-kiat untuk memilih dan memulai usaha, tidak ketinggalan pula teknik-teknik serta strategi-strategi usaha dan sebagainya, yang bisa mendukung keberhasilan suatu usaha.
  • Bagi Anda yang sering bepergian atau berjalan-jalan, baik di dalam atau ke luar kota, coba perhatikan tempat-tempat disepanjang perjalanan Anda, banyak potensi usaha yang bisa dilihat, semisal kerajinan, makanan atau minuman khas daerah, dan sebagainya yang bisa menginspirasi dan merupakan ide usaha bagi Anda, serta cobalah sesekali meluangkan waktu untuk berbicara atau ngobrol-ngobrol dengan mereka para pemilik usaha tersebut.
  • Dan tentu saja masih banyak cara lain yang bisa ditempuh, termasuk salah satunya adalah dengan cara berselancar di internet seperti ini, dimana informasi dari seluruh penjuru dunia bisa dicari, termasuk informasi yang berkenaan dengan peluang usaha.
Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Ketiga, tentukan pilihan Anda

Apakah Anda telah menemukan sebuah peluang usaha yang tepat bagi Anda? Jika telah mempunyai daftar beberapa peluang usaha yang sekiranya sesuai bagi Anda, dan Anda pun telah melakukan survey sebelumnya, maka sudah waktunya Anda untuk menentukan sebuah pilihan usaha.

Sebelum menentukan salah satu jenis usaha yang paling tepat, maka lakukan analisis terhadap daftar usaha tersebut, untuk memudahkan peluang usaha mana yang akan Anda pilih.

  • Analisa Sektor Usaha. Apakah sektor usaha tersebut merupakan salah satu dari keinginan Anda. Beri urutan, dan usaha yang paling Anda minati letakkan di urutan paling atas.
  • Analisa Modal Usaha. Berapa besar modal yang diperlukan untuk usaha tersebut. Berapa modal yang Anda miliki, atau berapa modal dari sumber lain.
  • Analisa Keuntungan. Berapa besar keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha tersebut berkaitan dengan seberapa besar kebutuhan hidup Anda. Kalau masih kurang, masih bisakah memilih usaha lain atau menambahkan jenis usaha yang lain.
  • Analisa prospek. Pelajari keadaan jenis usaha tersebut saat ini dan untuk masa yang akan datang. Dari sekian daftar usaha, mana yang memberikan prospek terbaik.
  • Sebelum mengambil keputusan terakhir, cobalah periksa kembali kriteria dari setiap pilihan. Tanyakan kepada orang-orang yang telah berpengalaman, serta mintalah pendapatnya mana kira-kira usaha yang paling tepat dan sesuai bagi Anda beserta alasannya. Tapi Ingat, apapun pendapat teman Anda, yang menjadi pertimbangan utama Anda adalah tetap keinginan dan kemampuan Anda, karena Andalah yang paling mengenal potensi diri anda, serta Anda-lah yang akan menjalankan usaha tersebut. Apalagi jika usaha tersebut berkaitan dengan hobi Anda, apapun yang terjadi.., Anda akan selalu enjoy melakukannya.

Mudah-mudahan dengan tip-tip atau kiat-kiat usaha diatas, Anda sudah bisa untuk segera memulai usaha yang paling tepat bagi diri Anda. Tapi ingat, usaha yang halal serta baik tentunya ya.., biar untungnya bisa Anda raih juga di akhirat kelak. Oke..??

Semoga bermanfaat…!!!

Artikel terkait:

Bagikan Artikel...

Komentar

28 tanggapan untuk “Bingung Memilih Usaha Yang Tepat?”
  1. komar says:

    saya mw minta, gi mana caranya bisa mencari usaha untuk kita sendiri….:) tolong donk….

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Komar,
    Silahkan Anda baca artikel di:
    http://rumahcahaya.com/menjadikan-hobi-sebagai-ide-usaha/
    Mudah-mudahan Anda bisa terinspirasi… 🙂

    [balas komentar di sini]

  2. tidak punya ide bisnis dengan terlalu banyak ide bisnis sama-sama membingunkan 🙂 perlu methode yang tepat untuk mencari dan menemukan ide bisnis yang layak untuk dijalankan

    [balas komentar di sini]

  3. Andre says:

    Gini mas,, saya mau buat usaha sendiri yg sesuai dngn keinginan saya. Tapi saya bingung jenis usaha yg bagaimana.
    Saya mau buat usaha yg bisa menghibur saya dari kejenuhan, berinteraksi dengan orang banyak. Saya mau pekerjaan itu gak hanya buat saya duduk diam dan tidak melakukan apa apa. Pekerjaan itu gak nyita waktu buat keluarga. Pekerjaan itu membuat saya nyaman, dan tidak terlalu serius. Saya ingin pekerjaan itu berhubungan dngan teknologi, perniagaan, dan fasion. Mungkin mas bisa bantu? Maksh y sebelumnya. . .

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Andre,
    Mungkin kebingungan Anda adalah bukan karena tidak mempunyai ide usaha, tetapi masih bingung menentukan usaha mana yang sekiranya paling tepat serta bagaimana cara menjalankan usaha tersebut, buktinya mas Andre sudah mempunyai keinginan akan usaha yang berhubungan dengan teknologi, perniagaan serta fashion.

    Coba mas persempit ruang lingkup usaha-usaha yang berhubungan dengan hal tersebut dikaitkan dengan sesuatu yang bisa menghibur, membuat nyaman tapi santai serta tetap bisa meluangkan waktu bagi keluarga.

    Misalnya:
    -Mengambil barang-barang fashion dari produsen atau grosir atau membuatnya sendiri untuk dijual kembali.. Hal ini bisa berinteraksi dengan banyak orang, misalnya pemilik produksi, pemilik toko grosir atau karyawan.
    -Tempat/butik/gerai penjualannya bisa di rumah/tempat di sekitar rumah.. Selain bisa berinteraksi dengan banyak orang (pembeli), tentu hal ini tidak membuat kita jauh dari keluarga.
    -Media penjualan serta pemasaran juga bisa menggunakan fasilitas internet (teknologi), dengan cara membuat sebuah website toko online yang menawarkan aneka produk fashion dan transaksi dilakukan secara online serta pengiriman barang dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman pakai seperti TikiJNE, Pos, dan sebagainya.. Hal ini bila dilakukan, selain kita bisa tetap mempunyai banyak waktu untuk keluarga, pemasaran pun akan semakin melebar, kita juga bisa berinteraksi dengan orang lain dari berbagai wilayah.. dan hal ini juga bisa membuat kita lebih santai dan menikmati hidup.. Insya Allah..

    [balas komentar di sini]

  4. abu says:

    Terimakasih artikelnya inspiratif sekali. Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha, Kami sedia bohlam triple U anti nyamuk dan serangga. Harga grossir Rp 12.000/pcs bebas ongkos kirim, minimum order seratus pcs. Produk ini biasa di jual di toko Rp 25.000/pcs. Semakin Anda ingin cepat sukses, semakin cepat Anda memesan di 0856 7368 179

    [balas komentar di sini]

  5. pedagang pasar says:

    Wah hebat kang cepi…… saya jadi semangat setiap baca artikel dari kang cepi, banyak sekali manfaat dari setiap artikel yang akang cepi buat, sebenarnya saya adalah orang yang baru mengenal dunia internet dan saya masih bisa di bilang gaptek, karna saya pedagang pasar yang setiap hari sibuk dengan dagangan,dan saya perlu banyak belajar dari kang cepi dan kayak nya saya menemukan orang yang tepat untuk saya jadikan guru untuk saya belajar…………….boleh kan kang cepi….

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pedagang Pasar,
    Alhamdulillah jika banyak artikel sederhana saya yang bisa diambil manfaatnya.
    Saya juga belum lama mengenal internet, belum 3 tahun.. Untuk belajar? Insya Allah kita akan sama-sama belajar, karena kebetulan saya juga masih terus belajar dan belajar..

    [balas komentar di sini]

  6. Lia Hidajat says:

    Asslm, sy IRT yang seneng bikin kue. pernah buka counter kue di dpn apotik tp tutup krn wkt itu msh jd karyawan. Sekarang mo buka lg tp bingung cari lokasi yang bagus.. ada saran dlm pemilihan lokasi & mohon tips lainnya… Wassalam..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Lia, wa’alaikumussalam..
    Lokasi yang paling bagus biasanya adalah lokasi yang memang sudah dikenal dengan wisata kulinernya, karena tentu para wisatawan berkunjung ke sana untuk tujuan tersebut, atau setidaknya di lokasi yang banyak dikunjungi oleh orang-orang (terutama dari luar kota) untuk berliburan atau berjalan-jalan di lokasi tersebut. Kalau di Bandung sendiri contohnya seperti di wilayah Dago dan sekitarnya (Bandung Utara).

    Untuk pembuatan kuenya usahakanlah berbeda dengan apa yang telah orang lain buat, atau bila meniru dari yang telah ada, maka berilah sedikit perbedaan, serta jangan lupa untuk dikasih nama yang unik, menarik, dan cepat akrab didengar di telinga konsumen.. Contoh makanan atau minuman dengan nama unik yang telah ada diantaranya adalah Surabi Imut, Es Teler 77, dan sebagainya.

    [balas komentar di sini]

  7. jeni widiyatmoko says:

    Askm pak…
    Saya seorang usahawan, bidang saya di conter seluler… sudah ada 2 outlet.. ndengan 5orang karyawan… kondisi usaha saya saat ini stagnan/mandeg tidak berkembang,… ini merupakan tahun ke4… padahal dulu saat awalnya disatu tahun pertama saya bisa langsung berkembang jadi 2 outlet, dengan memulai benar2 dari nol…
    saya bingung untuk mengembangkan usaha, jika membuka lagi usaha dibidang yang sama dengan sistem yang sama, saya gk yakin akan berkembang melihat persaingan yang ada saat ini..
    tetapi saya juga binging kalo mau buka usaha lagi dibidang yang lainya.. mau usaha apa…?? mulainya bagaimanaa..??
    kira2 apa ya pak, usaha yang cocok untuk dikembangkan saat ini…??
    atau kira2 langkah awal apa yang harus saya tempuh untuk membuat usaha baru2… \
    trimakasih…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Jeni, Wa’alaikumussalam..
    Coba kembangkan pada usaha kecil yang masih berkaitan dengan produk seluler, misalnya:
    – Menerima jasa cetak photo dari HP selular menggunakan bluetooth, infrared, maupun kabel data, dan ditambah dengan printer photo.
    – Transfer konten gambar, video, musik dari komputer ke HP selular atau sebaliknya dari HP Seluler ke komputer/CD/DVD, dimana kontennya sendiri bisa kita dapatkan serta kumpulkan dari internet, syaratnya komputer kita juga harus dilengkapi fasilitas untuk internetnya serta CD/DVD burning, dan konten yang dijual jangan sampai konten-konten yang bertentangan dengan norma agama dan hukum yang berlaku di republik Indonesia.

    [balas komentar di sini]

  8. Luar biasa sekali persis seperti saya hee….

    [balas komentar di sini]

  9. Alwi Adul R 33th /21-11-10 says:

    Assalamua alaikum WRWB… Saya Seneng/hoby Sekali dengan segala kegiatan yang behubungan dengan Foto grafi ,nah saya ini mau mengembanmgkan hoby dan bakat saya ini, gimana caranya biar bisa menghasilkan dan kira kira apa aja sih kiat kiat untuk jalan ke arah tersebut? inginlah saya ini ibarat kata menyelam sabil minum air,karna kendalanya saya ini sekarang sedang bekerja di bidang Radio Namun saya pengen punya sampingan yang pas buat saya ini…mohon penjelasan nya sekian dan Banyak -banyak terimakasih…..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Alwi, wa’alaikumussalam wr. wb.

    Mas Alwi bisa mengadakan pelatihan fotograpi, dan juga membuka studio foto di rumah misalnya.. Apalagi mas bekerja di bidang Radio, mungkin mas bisa memanfaatkan fasilitas radio sebagai sarana untuk beriklan/promosi.

    [balas komentar di sini]

  10. Darwi says:

    Assalamualaikum…
    Kang Cepi, saya seorang karyawan dan saya bersama istri baru membuka usaha kecil-kecilan yaitu toko klontongan, awalnya lumayan banyak pembeli dan kebanyakan pembeli adalah orang kontrakan, tapi setelah jalan 2 bulan si pemilik kontrakan membuka usaha yang sama akhirnya toko saya sepi.
    untuk itu mohon saran dan ide dari kang cepi kira-kira apa yang harus saya lakukan…?
    terima kasih
    wassalam
    darwi

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Darwi, wa’alaikumussalam..

    Berikan nilai lebih pada layanan yang Kang Darwi berikan kepada konsumen, seperti sikap ramah, dan sebagainya, serta kalau bisa ada variasi barang dagangan lain selain kelontongan, misalnya saja makanan-makanan ringan untuk cemilan (dimana makanan-makanan ringan tersebut hanya akang yang mengetahui sumber pemasoknya, dsb). Dan jangan berhenti dari berdo’a, karena Allahlah Yang Mempermudah segala urusan..

    [balas komentar di sini]

    Darwi Reply:

    Kang Cepi,
    Maaf baru balas ( baru bisa OL) jujur aja yang punya kontrakan wataknya berani negor ke orang yang mau beli ke toko saya, jadi mereka akhirnya sungkan untuk kembali.
    tapi terima kasih atas sarannya, akan saya cari pemasok cemilan dan mencobanya.

    Wassalam
    Darwi
    Tangerang-Balaraja

    [balas komentar di sini]

  11. Darwi says:

    Kang Cepi,

    Sayakan suka internetan, kira-kira bisa ga pake usaha dan usaha apa yang bisa saya kerjakan…?
    saya kerja senin sd jumat, sabtu minggu libur.

    terima kasih
    wassalam
    darwi

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Darwi,

    Kalau suka internetan yang cocok mungkin bisnis di internet ya sepeti juga saya 🙂
    Tetapi memang bisnis di internet itu perlu pembelajaran, ketekunan dan juga waktu, setidaknya ada 2-3 jam dalam 1 hari waktu yang diluangkan. Adapun bisa suatu saat bisnis di internet sudah berhasil, maka sedikitnya waktu tidak menjadi masalah lagi.

    [balas komentar di sini]

  12. siregar says:

    ASS. bang saya berkinginan sesudah wisudah nantiny membuka bisnis, tapi say bingung bidang dan jenis usaha apa yang dapat saya buka, soly pengalamn saya di bidang bisnis masih minim dan mulai dari sekolah saya berkecimpung di pesantren.cuman modal keinginan yg kuat z untuk berbisnis.Mksih sebelumnya bg

    [balas komentar di sini]

  13. Aulia SayHodda says:

    Waah Mas, Saya mmg lagi bingung nich kepengen buka usaha tp msh blm tahu mau usaha apa!?
    Mksh bnyk artikelnya, mg b’manfaatdpt m’bntu tmn2, sdr2 kita semua.

    [balas komentar di sini]

    rosthiena Reply:

    maaf niih ganggu coba az usaha yg satu ini, klo mw liat tgl d klik aja ya
    http://rustinah.blogdetik.com

    trm ksh

    [balas komentar di sini]

  14. muhammad ainur rohman says:

    saya krja di minimarket

    saya ingin skali buka usaha, tp masalahx saya kok mash blum brani memulaix. ,

    sebab mash minim pengalaman lah.. Maklum baru lulus skolah. , trus gmana solusix pak. . ?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Muhammadd Ainur Rohman,

    Mungkin mas harus belajar banyak dari pengalaman para pengusaha yang telah sukses, bagaimana mereka memulai usaha dari 0 hingga berhasil, sehingga bisa memotivasi serta menumbuhkan keberanian.

    [balas komentar di sini]

  15. Azam Ardian Syahputra says:

    Saya Sudah buka usaha, namun lambat sekali perkembanganya bahkan tersirat pengen rasanya ganti usaha dari sales, pembibitan Jati, Komputer sampai jamur tiram tidak ada peningkatan. mungkin dari teman ada yang menyarankan ?

    [balas komentar di sini]

  16. muhammad abdullah rifani says:

    Assalamualaikum kang Cepi,
    Saya seorang karyawan swasta, tapi saya berkeinginan punya usaha sendiri dan bisa membuka lapangan pekerjaan. Saya ingin punya usaha di bidang properti (membangun dan jual rumah sederhana).Namun saya tidak punya modal untuk memulainya.
    Mohon masukan dan sarannya.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Muhammad,
    wa’alaikumussalam..

    Coba Bapak kunjungi blog Pak Sulhadi yang punya “Pelatihan Bisnis Properti Modal Nol”, yaitu http://Sulhadi.Com.

    Disana tersedia kelas Property & Business Secret dengan investasi yang sangat murah dengn jaminan sampai bisa yang insyaallah sejalan dengan cita-cita Bapak..

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!