Artikel Teknik Mesin

December 26, 2012 oleh Kirimkan Komentar
Kategori: Jurnal Teknik Mesin 
Lulusan teknik Mesin UNJANI

Teknik Mesin

Sudah belasan tahun lamanya semenjak lulus kuliah saya tidak pernah bersentuhan lagi dengan pengetahuan tentang teknik mesin. Mungkin karena cita-cita saya dahulu yang kurang menaruh minat di bidang ini, dan juga saya lebih memilih untuk berwiraswasta, maka begitu lulus kuliah saya pun tidak pernah berkeinginan untuk melamar sebuah pekerjaan pada sebuah perusahaan atau lembaga yang membutuhkan seorang karyawan dengan latar belakang lulusan teknik mesin ataupun melamar pekerjaan yang lainnya.

Saya pun sebenarnya menyadari bahwa bersekolah di jurusan yang tidak benar-benar saya cita-citakan pada hakikatnya adalah sudah menjadi kehendak Allah, dan itulah yang terbaik yang telah ditentukan oleh-Nya. Tidak ada yang perlu disesali, namun disamping itu saya juga berfikir.. jangan sampai ilmu teknik mesin yang pernah saya pelajari dengan menghabiskan biaya puluhan juta rupiah dan dibiayai oleh orang tua dengan bercucur keringat dan membanting tulang untuk membiayai sekolah saya anaknya tersebut menjadi sia-sia.

Bukan hanya biaya, tapi rugi waktu juga. Apalagi bukan hanya pada saat kuliah saya mengambil jurusan teknik mesin, saat di sekolah menengah pun saya mengambil jurusan mesin di sebuah Sekolah Teknik Menengah (STM, sekarang SMK) jurusan Mekanik Umum tepatnya. Sangat disayangkan rasanya jika semua pengetahuan teknik dan lain sebagainya tersebut dibiarkan hilang begitu saja, tanpa diambil manfaatnya.

“Ya Allah, hamba berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfa’at, dari hati yang tidak khusyu’, dari nafsu yang tidak pernah kenyang, dan dari do’a yang tidak dikabulkan.” (HR Muslim)

Artikel Tentang Teknik Mesin

Insyaa Allah, mungkin sudah waktunya bagi saya untuk mulai membuka-buka kembali buku pelajaran dan perkuliahan yang masih tersisa, atau juga membuka jurnal-jurnal dan artikel teknologi permesinan yang ditulis di blog-blog lain. Saya ingin kembali menghidupkan apa yang telah mati, ingin membangkitkan pengetahuan yang telah terkubur, serta mulai berbagi dasar-dasar teknik mesin dengan Anda. Mungkin tidak dalam bentuk gambar, rancangan mesin, atau produk-produk hasil karya pemesinan yang akan saya berikan, namun hanyalah sekedar menulis ulang artikel teknik mesin di blog ini, karena hanya itulah mungkin yang mampu saya sumbangkan.

Artikel mesin yang akan saya tulis pastinya tidak tersusun atau terkurikulum seperti di sekolah atau perkuliahan yang biasanya diajarkan persemester dan perkelas atau pertingkat secara bertahap dan teratur, tetapi akan tertulis secara acak, dan materinya bisa jadi ada yang diambil dari luar materi perkuliahan. Namun walaupun begitu, pastinya juga semua materi tersebut akan tersaji dalam satu kategori, yaitu Jurnal Teknik Mesin.

Beberapa ilmu mesin yang ingin saya sajikan diantaranya seperti: pengetahuan dan pemilihan bahan, material teknik, dasar-dasar teknik, pemesinan, pengelasan, elemen mesin, proses produksi, pengerjaan logam, gambar teknik, konversi energi, metalurgi fisik, mekanika fluida, perpindahan panas, mesin kalor, mekatronika, kinematika dan dinamika teknik, teknik pengaturan, alat angkat dan angkut, perawatan dan pemeliharaan, teknik tenaga listrik, teknik otomotif, dan sebagainya.

Inginnya begitu… tapi bagaimana nanti saja ya, yang penting ada keinginan dan rencana dulu. Apalagi hampir setiap mata kuliah teknik mesin mengandung banyak rumus yang sulit untuk ditulis di sini, kecuali jika diambil gambar hasil screenshotnya saja. Karenanya, bisa jadi yang saya tuliskan hanya sebagian kecil bahan saja atau sekedar ulasan terkait dengan teknologi mesin.  Yang jelas, saya mohon dorongan do’a dari sahabat-sahabat Rumah Cahaya, semoga Allah menghendaki dan memberikan kemudahan. Aamiin..

Oya, bagi sahabat-sahabat ‘mesin’ yang ingin berbagi manfaat dengan menyumbangkan artikel terkait dengan teknologi mesin, silahkan hubungi saya di halaman kontak. Insyaa Allah saya akan menerimanya dengan senang hati dan akan mempublishnya di blog ini, dengan syarat artikel belum pernah diterbitkan di blog lain (unik, walaupun temanya mungkin serupa), cukup ilmiah, dan penulisan artikelnya minimal ada 300 kata. Terimakasih sebelumnya, jazakumullahu khairan katsiraa. ~ Cepi Nugraha

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!