/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Anodizing Aluminium & Coloring Aluminium

Contoh Produk: Label

Sahabat percetakan, Apakah Anda tahu apa itu proses anodizing aluminium & coloring aluminium?.. Saya kira banyak diantara kita yang tidak mengetahui proses tersebut ya, bahkan mengenal namanya juga baru sekarang di sini, terkecuali bila Anda pernah mempelajarinya di bangku kuliah, terutama bagi Anda yang pernah mengenyam kuliah di jurusan teknik kimia atau mungkin juga teknik metalurgi.

Dulu saya pun tidak mengenal apa itu proses anodizing dan coloring aluminium (rasanya saya tidak pernah mempelajarinya semasa kuliah, atau mungkin saya lupa :D), namun pada suatu hari ketika saya mengerjakan order cetakan bagi customer, secara tidak sengaja saya mengenal namanya dari obrolan dengan salah seorang customer service atau penerima order (PO) di salah satu perusahaan percetakan tempat saya mengerjakan makloon cetak. Kurang lebih seperti inilah obrolannya..

Ilmu Kontak Batin Kontak Rasa telepati

“Si Bapak yang punya percetakan offset ini melayani pembuatan cetakan pula di plat aluminium seperti ini,” Kata PO tadi sambil memperlihatkan lempengan-lempengan logam tipis bertuliskan merk dan etiket tertentu di atasnya yang ukurannya tidak jauh beda dengan kartu nama, dimana sepertinya saya biasa melihat benda tersebut tertempel di bagian luar mesin perkakas, pada tas sekolah, dan tertempel sebagai merk pada bagian depan sepeda angin. “Tapi bikinnya di Lembang, bukan di sini”, Tambahnya lagi. Lantas ia pun menunjuk spanduk yang berada pada bagian depan bangunan tempat kami bicara, dimana pada spanduk tersebut terdapat berbagai layanan jasa percetakan, dan yang ia tunjuk adalah layanan cetak plat bertuliskan “Proses Anodizing & Coloring Aluminium Printing“.

Manfaat Anodizing Aluminium & Coloring Aluminium Printing di Bisnis Percetakan

Nah sahabat, jelas sudah gambarannya bagi kita yang bergelut dengan bisnis percetakan tentang manfaat proses anodizing aluminium & coloring aluminium ini. Tanpa kita perlu tahu secara langsung prosesnya, kita pun sudah bisa menambahkan cetak plat aluminium yang memakai proses tersebut sebagai salah satu bagian dari layanan cetak yang bisa kita tawarkan kepada prospek serta para pelanggan kita, dan kita kerjakan dengan cara makloon seperti biasa. Apalagi saya lihat di sentra-sentra percetakan masih jarang yang menawarkan proses anodizing & colouring aluminium printing, dan masih jarang pula para pebisnis cetak yang telah masuk ke lahan ini. Artinya peluang bisnis di pencetakan pelat aluminium ini pun masih terbuka lebar.

Yuk, kita lihat apa saja sih produk yang bisa dihasilkan oleh proses tersebut, dan apakah ada diantaranya yang terkait dengan bisnis percetakan yang biasa kita jalankan?

  • Produk aluminium ekstrusi untuk etalase serta konstruksi bangunan (arsitektur), seperti pintu dan jendela.
  • Komponen pesawat, komponen sepeda, dan aksesoris otomotif.
  • Kartu Nama (aluminium anodize, emboss dan diamond cut)
  • Label ruangan di gedung maupun perkantoran.
  • Label produk serta komponen elektronik.
  • Label merk mesin produksi/perkakas.
  • Label produk kerajinan aneka tas
  • Label throphy dan plakat.
  • Label produk furniture.
  • Cassing heatsink (penyerap panas).
  • Dan berbagai kebutuhan lainnya.

Coba sahabat lihat, bukankah sebagian besar diantara produknya tersebut terkait dengan bisnis percetakan?. Disamping itu, proses ini dilakukan dengan pertimbangan lain seperti: untuk meningkatkan ketahanan terhadap karat atau korosi, meningkatkan ketahanan terhadap aus, meningkatkan daya lekat atau adhesi cat, sebagai penyekat atau isolator listrik, juga dapat berfungsi sebagai dekoratif.

Sahabat Rumah Cahaya, sampai di sini dulu saya tuliskan artikel tentang proses anodizing aluminium & coloring aluminium printing. Semoga ada guna dan manfaat buat Anda. ~ Cepi Nugraha.