Kalau kita lihat pohon kelapa, selain akarnya cukup kuat tertancap ke bumi, serta batangnya tinggi menjulang ke angkasa, ternyata ia juga menghasilkan aneka banyak manfaat.

Buah kelapa, selain airnya mempunyai rasa yang khas.., bila diminum sangat menyegarkan, apalagi jika diminum pada saat kita kehausan di tengah terik panasnya matahari.. waah.. pasti rasa haus pun akan hilang seketika, terlebih jika dicampur dengan daging buah kelapa yang masih muda, ditambah dengan sedikit gula merah dan juga es batu, atau mungkin yang biasa orang namakan dengan es kelapa muda, tentu rasanya lebih nikmat lagi, bahkan gula merahnya pun diantaranya berasal dari salah satu bagian dari pohon kelapa, walaupun ada juga gula merah yang berasal dari pohon/sumber lain.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Daging buah kelapa yang sudah tua dan mengeras jika diparut dan dicampur air, lalu diperas sampai keluar santannya, maka santan kelapa tersebut berguna sebagai salah satu bahan pengolah makanan yang sangat diperlukan oleh para juru masak serta para ibu rumah tangga, sehingga makanan yang diolah dengannya menjadi lebih gurih serta lebih enak untuk disantap. Perasan tersebut juga bisa diolah untuk menghasilkan minyak kelapa, serta ampasnya bisa menjadi makan khas yang enak seperti galendo, makanan khas daerah Ciamis yang mempunyai keunikan rasa tersendiri, dan tidak ketinggalan pula dengan apa yang dinamakan virgin coconut oil, yang biasa digunakan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan.

Batok kelapa. Batok kelapa bisa digunakan untuk aneka keperluan, mulai digunakan sebagai bahan bakar, dibuat arang, bahkan sampai menjadi barang-barang kerajinan yang bernilai tinggi, dan bisa dipajang di rumah-rumah yang besar dan mewah.

Kulit buah kelapa juga tidak ketinggalan, bisa digunakan untuk bahan bakar, dan demikian juga halnya dengan dahan kelapa, kulit batang kelapa, serta akar dari pohon kelapa yang telah ditebang, bisa mempunyai kegunaan yang serupa. Malahan di daerah-daerah pinggiran pantai, mereka tidak merasakan mahalnya kenaikan harga bahan bakar minyak, karena untuk keperluan bahan bakar, mereka biasa menggunakan barang-barang tersebut, dimana barang-barang tersebut banyak tergeletak di kebun-kebun kelapa yang ada di sekitar rumah tempat tinggal mereka, dan mereka pun menyayangkan kalau barang-barang tersebut harus terbuang begitu saja dan tidak dimanfaatkan.

Daun Kelapa. Daun kelapa yang masih muda atau yang biasa disebut dengan janur kelapa, di daerah-daerah tertentu biasa dipakai sebagai bahan hiasan dalam upacara-upacara khitanan dan pernikahan, juga biasa digunakan sebagai bahan pembungkus nasi kupat, apalagi pada saat hari raya ‘Idul Fitri, telah menjadi tradisi kalau nasi kupat dijadikan sebagai menu makanan utama.

Batang Pohon Kelapa. Batang pohon kelapa sekarang telah menjadi salah satu material untuk bangunan yang harganya cukup tinggi. Kalau dulu orang biasa menggunakannya hanya sebagai bahan pemikul atap rumah, sekarang batang pohon kelapa banyak digunakan sebagai bahan kusen pintu dan jendela, serta membawa nilai estetika/keindahan tersendiri.

Dan masih banyak lagi manfaat pohon kelapa lainnya.

Coba Anda perhatikan, bagian mana kira-kira dari pohon tersebut yang tidak bermanfaat?. Tidak ada bukan..??

Seandainya kita manusia bisa mengambil pelajaran dari pohon kelapa tersebut, tentu kita juga bisa membawa banyak manfaat, bahkan bisa lebih. Selain iman dan keyakinan kita kokoh, cita-cita dan tujuan kita menjulang tinggi, setiap perkatan dan perbuatan kita pun menyejukkan, menyenangkan, membawa manfaat dan kebaikan, serta penuh dengan kedamaian. Bukankah:

“ Khairunnaas ‘anfauhum linnaas (sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi manusia lainnya) “

Tapi mungkin hanya “seandainya” saja yaa? nyatanya, kita masih jauh dari hal demikian. Namun sebenarnya tidak ada hal yang tidak mungkin jika Allah Berkehendak, maka untuk itu sebaiknya kita sama-sama saling mendo’akan, supaya kita pun bisa seperti hal tersebut. Aamiin…