Akses Internet Unlimited GSM Paling Murah

April 14, 2009 oleh 76 Komentar
Kategori: Teknologi Internet 
internet-murah-internet-indonesia-operator-internet-akses-internet1Internet Murah

Telah ada beberapa layanan akses internet GSM yang saya masukkan ke dalam kategori layanan akses internet unlimited paling murah di Indonesia untuk saat ini (14 April 2009). Selain murah, layanan internet ini bisa dinikmati oleh siapa saja dan dimana saja, selama ada jaringan HSDPA/3.5G, UMTS/3G, atau GPRS dari operator GSM terkait. Banyak diantara kita yang telah menggunakannya, akan tetapi mungkin juga banyak yang belum mengetahuinya. Untuk itu, berikut adalah operator internet atau internet provider GSM yang telah menyediakan layanan internet unlimited murah tersebut:

1. Telkomsel

Layanan akses internet unlimited gsm murah ini dipelopori oleh Telkomsel dengan meluncurkan Telkomsel Flash Unlimited-nya, dimana salah satu diantaranya adalahTelkomsel Flash Unlimited Paket Basic” dengan biaya RP. 125.000/bulan + PPN 10 % atau total Rp. 137.000/bulan dengan sistem pasca bayar.

Telkomsel Flash Unlimited Paket Basic ini bisa juga digunakan untuk mengirim serta menerima panggilan telepon/percakapan maupun SMS, apalagi jika modem yang digunakan adalah pesawat handphone atau modem lain yang bisa digunakan untuk percakapan maupun SMS melalui komputer. Biaya untuk telepon dan SMS ini tentu saja di luar biaya khusus internet yang Rp. 125.000 + PPN 10 % yang tadi, dan berlaku tarif biasa yang berlaku pada tarif telepon dan SMS Kartu Hallo, karena layanan ini menggunakan Kartu Hallo sebagai chipnya.

Keterangan:

Kecepatan (speed): Up to 256 kbps hingga 3GB quota perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

2. Indosat

Setelah kemunculan internet unlimited dari Telkomsel Flash, Indosat pun meluncurkan 2 (dua) layanan paket internet unlimited murahnya melalui 2 (dua) layanan yang berbeda, walaupun dengan biaya yang hampir sama, yaitu:

1.) Indosat 3.5G Broadband

Diantara paket yang ditawarkan oleh Indosat dengan Indosat 3.5G Broadband-nya adalah Paket Unlimited “Package Isat Eco” dengan biaya Rp. 100.000/bulan + PPN 10 % atau total = Rp. 110.000/bulan (Pasca Bayar).

Karena berbasis Matrix Pasca Bayar, maka chip yang diberikan juga bisa digunakan untuk melakukan percakapan dan SMS seperti halnya Telkomsel Flash, dengan biaya yang dibebankan di luar biaya Rp. 100.000 + PPN 10 % tersebut.

Keterangan:

Up to 256 kbps hingga 2GB quota perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

2.) Indosat M2

Seperti halnya Telkomsel Flash dan Indosat 3.5G Broadband, Indosat M2 juga menawarkan beberapa paket pilihan. Paket termurah yang bisa kita pilih pada Indosat M2 ini adalah “IM2 Broom Unlimited” dengan biaya Rp. 100.000/bulan (Prabayar). Tidak seperti pada Telkomsel Flash maupun Indosat 3.5G Broadband yang harus menunggu survey dan pengaktifan, maka layanan IM2 Broom unlimited ini dapat kita nikmati segera setelah kita membeli Paket Perdananya dengan harga Rp. 150.000 (+ voucher perdana), dimana pengaktifannya bisa kita lakukan sendiri atau diaktifkan langsung oleh pihak M2 atau reseller-resellernya. Karena menggunakan sistem Prabayar, maka pembayaran untuk Indosat M2 Broom ini dapat dilakukan dengan cara isi ulang dengan voucher-voucher isi ulang produk Indosat seperti voucher IM2, Mentari, IM3, starone, atau dengan cara lainnya. Tetapi karena berbasis IM2, maka layanan ini tidak bisa digunakan untuk mengirim dan menerima panggilan suara/percakapan, atau SMS.

Keterangan:

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Kecepatan (speed): Up to 256 kbps hingga 2GB quota perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

Update: Indosat M2 pun kembali meluncurkan tarif akses internet termurahnya yaitu melalui Paket IM2 Broom Merdeka dengan harga paket perdana Rp. 75.000,- dan telah termasuk pulsa Rp. 50.000,- untuk akses internet unlimited selama 1 bulan.

Keterangan:

Kecepatan (speed): Dengan kuota awal 120 MB perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

3. Exelcomindo

Seakan tidak mau kalah dari Telkomsel serta Indosat yang telah mendahuluinya, maka Exelcomindo (XL) pun mengeluarkan paket internet unlimited sebagai salah satu layanannya.

XL Unlimited ini pun menggunakan sistem prabayar seperti halnya IM2 Broom Unlimited. Setelah pembelian paket perdananya sebesar harga Rp.150.000 dilakukan, maka layanan ini sudah bisa langsung diaktifkan, serta koneksi internet telah dapat digunakan. Biaya perbulannya juga sama halnya seperti Indosat M2 Broom, yaitu Rp. 100.000/bulan dan bisa diisi ulang, hanya saja ada kelebihan lain untuk XL unlimited ini dibandingkan dengan Indosat M2 broom, yaitu bisa digunakan untuk malalukan percakapan serta SMS seperti halnya Telkomsel Flash Unlimited serta Indosat Broadband Unlimited.

Keterangan:

Kecepatan (speed): Up to 256 kbps hingga 2GB quota perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

4. Hutchison CP Telecommunications

Mungkin saat ini PT Hutchison CP Telecommunications dengan layanan internet 3 (Three)-nya merupakan provider yang menyajikan tarif internet unlimited GSM paling murah tetapi dengan kuota kecepatan yang lumayan besar. Lihat saja tarif internet yang mereka tawarkan ini:

  1. Untuk internetan dengan kuota 500 MB/bulan tarifnya Rp. 25.000,-/bulan
  2. Untuk internetan dengan kuota 1 GB/bulan tarifnya Rp. 35.000,-/bulan
  3. Untuk internetan dengan kuota 2 GB/bulan tarifnya Rp. 50.000,-/bulan
  4. Untuk internetan dengan kuota 5 GB/bulan tarifnya Rp. 99.000,-/bulan

Keterangan:

Setelah penggunaan internet melebihi kuota, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

Catatan:

Artikel ini belum tentu selamanya diupdate. Jadi mungkin saja seiring dengan berjalannya waktu, tarif-tarif akses internet yang disajikan berbagai provider pun berubah pula.

Semua layanan internet di atas bisa kita nikmati melalui Personal Computer (PC), note book (laptop), maupun dari pesawat handphone atau PDA GSM yang telah tersedia fitur untuk internet di dalamnya.

Semoga berguna dan bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Silahkan dibaca juga:

Bagikan Artikel...

Komentar

76 tanggapan untuk “Akses Internet Unlimited GSM Paling Murah”
  1. wahyudi says:

    salam kenal mas.

    saya berencana mau pasang internet unlimited GSM yg murah untuk keperluan internet marketing saya. tapi saya masih bingung produk yang mana yang sebaiknya saya pakai supaya lancar untuk dipakai 12 jam penuh dari pagi hingga sore dengan akses yang cepat (nggak leled) dan nggak putus – putus?

    mohon jawabannya ya mas. thanks!

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Wahyudi.. salam kenal juga
    kalau bicara masalah produk saya juga masih bingung. Terkadang seseorang bilang produk A yang lebih baik dari produk B, sedangkan pengalaman yang lain sebaliknya. Saya juga mempergunakan 2 dari beberapa produk di atas, tetapi hasil ke 2-nya sama saja.. kalau sedang bagus ya lancar.. kalau sedang gangguan, ya leled atau terputus. Mungkin tergantung juga posisi seseorang itu ada di mana, dan jaringan yang paling baik di tempat itu apa.. Jadi untuk mengetahui mana yang terbaik di tempat mas Wahyudi.. sebaiknya harus dilakukan uji coba.

  2. eddy says:

    unlimited tapi lelet menurut saya membosankan dan dibodohi. Lebih baik pakai paket gratis 2giga dari smart. Lumayanlah dibandingkan dengan gsm. Banyak rasa tidak puasnya klo pake gsm.

    Apalagi sekarang smart mengeluarkan paket unlimited seharga 200000 selama setahun. Sudah dapat modem gratis internetan pula dan kecepatannya melebihi hsdpanya gsm. Boleh cb deh. Saya bukan marketing smart. Tapi saya memiliki pengalaman menyebalkan internetan dengan menggunakan operator gsm. Banyak bohongnya. Semoga sedikit membantu..

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Eddy,
    Terima kasih atas. Informasi dari mas tentu sangat membantu.
    Apakah maksud Anda Rp. 200.000,- atau Rp. 2000.000,- ? dan sudah bisa diakses di wilayah mana saja?
    Tetapi baiklah, saya akan cari informasi lengkapnya..

  3. Aquino says:

    Saya pernah dapat info kalau Internet Unlimited Telkomsel dapat gratis selama 6 bulan. Saya pengen tahu lebih jauh soal info itu. Bagaimana menurut sepengetahuan mas? Tnx.

    Cepi Nugraha Reply:

    mas/mbak Aquino,
    Saya malah belum mengetahui sama sekali mengenai informasi tsb. Kalau mas duluan dapat infonya, bagi2 ya..? 🙂

  4. daus says:

    aq setuju dengan comment eddy.dulu aq juga pake gsm yang konon ngasih tarif 0,1 per kb. nyatanya gak diimbangi dengan speed akses yang standar sekalipun alias super lemot.kecewa deh..
    setelah itu aq liat ada penawaran di kantor modem internet Smart modem pake hape haier D1200P. penasaran juga nih seberapa hebatnya sih pake nih hape CDMA. setelah aq coba ternyata aksesnya lumayan kenceng meskipun standar 128 kbps di jaringan CDMA 1X. karena di daerahku emang belum ada jaringan RevDO A. konon di jaringan RevDo A speednya bisa nyampe 3 MBps. moga2 aja bisa nyampe sini.dan hebatnya neh provider ngasih gratis quota nyampe 2 GB per month selama 6 bulan. dan edannya lagi kalo isi ulang min. 50rb bisa dapet akses gratis UNLIMITED selama sebulan. gak pake registrasi.gak pake biaya bulanan.gak ribet.aq bukannya mo promosi ato apa cuma ngasih bukti aja. gak ada ruginya deh make nih hape CDMA..

  5. kang_ipung says:

    Asalamualaikum,salam buat mas nugroho beserta keluarga,saya mau tanya ya,dimana kira2 saya bisa mendapatkan telkomselflash nya mas,klo di lihat dari yg lainya harga sangat mahal2,ada yg perdanya 200rb,trus bulananya 150rb,saya pusing muter2 nyari mas..?tapi gak ketemu harga yg cocok,soalnya rencana saya mau saya pasarkan ulang tu kartu flash nya mas,Kebetulan saya jualan modem juga,jadi biar laris yaah..?harus cari kartu telkomselflash nya,Semoga ada solusinya
    salam dari saya…?

    Cepi Nugraha Reply:

    wa’alaikum salam kang Ipung, salam juga buat keluarga akang..
    Saya mendapatkan Telkomsel Flash langsung dari Grapari Telkomsel, dengan sistem pasca bayar/langganan.

  6. Siswibudi says:

    Halo mas salam kenal..aq mw cari akses internet yg isi ulang tp yg murah..hi..hi..tlg ya mas ak bnr2 gaptek tlg jelasin pakenya apa harganya brp? Terima kasih mas

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas/mbak Sis, salam kenal juga..
    Yang murah diantaranya adalah yang telah saya sebutkan di atas yang biasanya dijual di gerai2 ataupun di pusat perbelanjaan elektronik maupun mall-mall tertentu.
    Cara pakainya bisa pakai modem biasa ataupun handphone merk dan tipe tertentu, setelah itu lakukan penyettingan internet sesuai dengan modem dan provider/operator internet yang digunakan, dan etelah selesai maka tinggal digunakan. Untuk cara settingnya bisa dicari di beberapa artikel internet saya atau di web/blog lain.

  7. Rudi Andriani says:

    Salam kenal mas. tpolong informasinya dimana saya bisa mendapatkan layanan internet murah ini.

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Rudi, salam kenal juga..
    Mas Bisa langsung mengunjungi gerai-gerai dari provider-provider tersebut yang ada di kota Anda. Dan khusus yang prabayar, biasanya starter pack perdananya dijual di mal-mal atau di elektronik center. Dan di forum2 internet di beberapa situs seperti di kaskus, biasanya banyak dari anggota forum tersebut yang menjual kartu perdananya dengan cara beriklan di forum tersebut, dan mas bisa membeli langsung dari mereka, dan mereka pun akan mengirimkan kartu perdana tersebut lewat jasa pengiriman paket.

  8. amar says:

    mau tanya nih, paket indosat broadband dan im2 cepetan mana ya ( di daerah saya MALANG im2 unlimited sudah tdk di produksi lagi krn kelebihan kuota), selama ini saya pakai smart modem D1200 lelet banget padahal signal sudah maksimal tuh (memang murah bahkan paling murah sih, tp kecepatannya itu yg bikin bosan nunggu). tolong infonya.

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Amar,
    Kalau dari cara pandang saya sebagai orang awam, secara teknis indosat Im2 bisa lebih baik karena tidak dishare dengan pengguna percakapan dan sms, sedangkan indosat broadband dishare. Tetapi kalau lihat dari sistem pembayaran.. Indosat Broadband yang mempunyai sistem pasca bayar kemungkinan pelayanannya lebih baik dari Im2 prabayar. Kenyataannya di lapangan bisa berbeda-beda, bisa yang satu lebih cepat dari yang lain atau sebaliknya, terutama pengaruh lokasi biasanya sangat dominan.
    Kalau Anda mau beralih ke GSM, sebaiknya pastikan bahwa di tempat Anda telah ada jaringan 3G/3.5G, karena kalau hanya GPRS.. kecepatannya bisa jauh di bawah Smart CDMA.

  9. Rudi Andriani says:

    Mas kalau modem bagus mana antara modem USB yang pakai baterai dengan modem USB tanpa baterai…? Terus di mana saya bisa mendapatkan modem USB yang murah tapi tidak murahan…?

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Rudi,
    Saya tidak mengetahui modem yg lebih baik diantara yang memakai baterai dengan yang tidak, hanya bila modem yang dipilih adalah yang menggunakan baterai, pilihlah modem yang otomatis baterainya terisi begitu modem tersebut tersambung dengan komputer, supaya koneksi internet tidak terputus akibat baterai kosong.
    Untuk memilih modem yang murah tapi tidak murahan, pilihlah yang merknya terkenal dan banyak digunakan serta ada jaminan garansi hingga 1 tahun.

  10. Dee-Nesia says:

    Untuk AXIS gimana mas, apa masih belum bisa ngalahkan mereka bertiga ya…

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Dee,
    Saat saya menuliskan artikel ini.. saya baru mengetahui informasi dari ke 3 Provider/operator internet GSM tersebut. Kalau mas punya informasi dari provider internet yang lain, boleh mas bagi-bagi informasinya di sini.

  11. Giant says:

    mas aku mau pesan telkomsel flashnya mas. gmana caranya.

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Giant,
    Cara mendapatkannya dengan mengajukan permohonan ke Grapari Telkomsel terdekat, tetapi bila mas telah berlangganan Kartu Hallo sebelumnya, mas tinggal meminta penambahan fitur Flash tersebut ke Kartu Hallo yang mas miliki, karena akses internet Telkomsel Flash Unlimited yang saya maksud di atas menggunakan Kartu Hallo pasca bayar/langganan.

  12. darius says:

    Internet di Laptop/PC lambat dan mahal ??
    Saya akan menjelaskan software/aplikasi browsing yang menjadikan browsing di Laptop/PC 10x lebih cepat dan 10x lebih murah perjamnya hanya 1000 rupiah. Tampilan web tetap full, tidak ada pengurangan gambar

    Untuk informasi lebih lanjut hub 0897 950 7723

  13. Ahmad Munir says:

    Mas.. Wilayah jaringan smart sekarang sudah sampai kal-sel belum.. Soalnya saya pengen nyoba, tapi hp saya GSM.. Kalau emang udh sampai sini baru saya mau ganti ke CDMA, tolong krimkan ke alamat email saya ya jawaban’nya.. Thx

  14. Kontes SEO dbs-pulsa.com Agen Pulsa Elektronik says:

    Wah, info yang menarik. Terima kasih dan Salam kenal juga ya.

  15. juni says:

    saya mau tanya gimana caranya makek telkomsel flash dari ponsel ke laptop tlng dijawab ya?atau kirim ke email saya juny.ardyca@gmail.com

    Cepi Nugraha Reply:

    mas/mbak Juni,
    Anda bisa menggunakan PCMCIA, Express Card modem, USB modem untuk GSM/HSDPA, atau beberapa merk serta tipe handphone GSM yang bisa digunakan sebagai modem internet. Tetapi kalau Anda tidak ingin ribet, maka sebaiknya gunakan USB Modem GSM/HSDPA yang menginstal dengan sendirinya (auto install) begitu modem tersebut dimasukkan ke laptop, sehingga Anda tinggal menyetting Dial dan APN (bila diminta), User Name dan Password yang diberikan oleh Telkomsel Flash saja.

  16. Jhonie says:

    Mau nanya nich mas, klo kartu simpati telkomsel bisa ga dibuat internet unlimited.

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Jhonie,
    Setahu saya tidak bisa ya, kecuali mungkin kalau dimigrasi dulu ke Kartu Hallo, dan Kartu Hallo-nya ditambah fitur internet unlimitednya. Supaya lebih jelasnya lebih baik mas hubungi layanan pelanggan atau datang ke Grapari Telkomsel terdekat.

  17. Wawan says:

    Mas Cepi, saya dapat sms dari telkomsel, katanya sekarang (per 1 September 2009) fair usage nya turun dari 2gb ke 500mb, ini bencana besar bagi pengguna telkomselflash seperti saya, ada saran pindah provider ?, yang jelas kayaknya saya mau pamit sama telkomselflash…

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Wawan,
    Terima kasih atas infonya.. Padahal kalau tidak salah punya saya 3GB malah (walaupun sebenarnya saya tidak merasakannya dan juga penurunan tersebut karena berada di daerah yang hanya dapat akses GPRS).
    Saya sendiri belum terima SMS yang sama karena Telkomsel Flash saya sedang diblokir.
    Telkomsel Flash saya diblokir karena sengaja tidak saya bayar dulu.. sebab saya akan meninggalkan Telkomsel Flash, akibat sinyal di rumah saya sangat tidak stabil dan menyebabkan koneksinya sering jelek, padahal jika saya berada di luar rumah (di tempat yang sinyalnya stabil), koneksinya cukup bagus.
    Yaa, dengan rasa sedih dan berat hati,.. saya juga mengucapkan selamat tinggal pada Telkomsel Flash, kecuali untuk Paket Bicara dan SMS-nya yang mungkin akan saya pertahankan, itu juga karena saya sayang dengan nomornya yang 0811 222 xxxx 🙂
    Saran pindah provider? kemana yaa.. Tapi yang jelas saya sudah lama pakai Indosat M2 Broom Unlimited, dimana koneksinya cukup stabil karena sinyalnya di rumah saya bagus, dan saya juga sudah mulai menggunakan MOBI Unlimited. Hanya sayang saya belum bisa menikmati Speedy, karena belum ada jaringan Telkom di sini.

  18. septian says:

    mas….
    beli kartu telkomsel unlimeted dimana ya

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Septian,
    Untuk mendapatkan Telkomserl Flash Unlimited, mas harus datang ke Grapari Telkomsel terdekat, karena Telkomsel Flash Unlimited menggunakan Kartu Hallo Pasca Bayar.

    Menjawab pertanyaan di postingan yang satu lagi,
    Kartu GSM paling murah yang saya ketahui adalah IM2 Broom Unlimited yang Rp.100rb/bulan, dan juga dari XL yang Rp.100rb/bulan (keduanya pra-bayar/diisi ulang). Mengenai kecepatan.. sebenarnya yang pengaruh terhadap kecepatan bukan cuma kartunya, terkadang tempat, modem, dan komputer juga berpengaruh.

  19. ahlan says:

    ada yg bsa bantu gk,,,lg bingung nih mau pake kartu ap yah yg cepet im2 ap xl,,atau ada kartu lain lg yg lebih cepet….thnx

  20. yusup says:

    untuk jaringan M2 itu apa ada dì setiap jaringan m3, karena di daerah saya gak pernah dengar m2, tapi klo m3 ma mentari ada.

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Yusup,
    Jaringan M2 dari Indosat biasanya berada di jaringan yang sama dengan jaringan M3 atau Mentari (sama-sama Indosat). Hanya untuk Indosat M2, tidak disertai dengan fitur suara dan sms seperti halnya M3 atau Mentari, tetapi untuk fitur multimedia saja.

  21. Fahrur says:

    Boz. .
    Kalo im2 broom ato xl dll bisakah memanfaatkan hp untk modem ?
    Untk speed acses apakah beda, antara pake modem spt huawai, siera dll dgn modem ponsel yg udh suport 3G ?

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Fahrur,
    Tentu saja IM2 Broom atau XL bisa digunakan di HP (sebagai modemnya).
    Untuk perbandingan kecepatan akses, tentu kita lihat diantara keduanya. Jika Modem biasa kecepatan hingga 7,2 Mbps misalnya, maka tentu kecepatannya sebanding juga dengan HP dengan kecepatan yang serupa (7,2 Mbps juga), tetapi jika salah satunya lebih rendah, maka tentu lebih lambat juga kecepatannya.

  22. Budiman Setiawan, AMDRM says:

    makasih atas infonya, sangat berguna sekali buat kita semua info anda ini

  23. bang adi says:

    internet dengan 3(tree)gimana untuk segi harga dan akses’y

  24. Chi says:

    IM2 bsa dpke di hp nokia 2600 classic g mas?

    Cepi Nugraha Reply:

    Chi,
    IM2 bisa dipakai di hp GSM mana saja, sepanjang HP tersebut bisa dijadikan sebagai modem internet.

  25. Ashari says:

    Sy pakai smart d1200p lumayan juga dapat bonus 2 gb / bln x 6. tp yaitu ngenetnya harus hbs subuh s/d jam 9 pagi krn setelah itu empot2an buat buka FB aja gak bisa…..

  26. ASEP says:

    q baca dari atas ampe akhir….
    info’a MENARIKS semua..

  27. benny says:

    modem yang bagus cdma ato gsm?????????
    kasih tau dong.thank

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Benny,
    Modem yang bagus.. baik dari GSM maupun CDMA, umumnya tergantung dari merk, serta tipenya.
    Dan untuk kecepatan akses internet, tergantung provider/operator internet manakah di tempat mas yang memberikan kecepatan terbaik, apakah dari GSM atau CDMA.. Jika sudah dipilih salah satu yang terbaik, maka gunakan modem yang sesuai dan terbaik juga, yang mendukung kecepatan yang diberikan oleh operator tadi..

  28. toriq says:

    ada yang mau jual im2 unlimited yang 100rb/bulan ga??
    w butuh banget…
    081804727552

  29. ardanis says:

    kalau menurut pengalaman gue sebaiknya gsm banting setir dan bersaing dengan smart soalnya nih smart aja dengan Rp. 50.000,- aja udah dapat internetan unlimit kenapa gsm tidak sayang secara pribadi sih gue itu condong ke gsm tapi sayang masih ada saingannya yang lebih murah dan lancar internetan. and so saya tunggu kabar produk internetan dengan modem huwei pake kartu gsm yang harganya sama dengan smart Rp. 50.000,-/bulan unlimit

  30. Ghea says:

    Salam kenal mas…
    Saya mau tanya indosat im2 broo bli perdananya aja pake modem hp yg saya pakai bisa ga ya.ato perdana hrus bli jga modemnya im2 broom.mksih atas smua jawabannya

    Cepi Nugraha Reply:

    Ghea, salam kenal kembali yaa..
    Indosat M2 Broom bisa dibeli paket perdananya saja.. dan modemnya bisa menggunakan hp yang Ghea miliki, sepanjang ada fasilitas modem di hp-nya. Saya juga memakai IM2 Broom dengan cara tersebut.

  31. Ale says:

    salam kenal mas Cepi

    Saya mau tanya kalau kecepatan akses internet antara operator GSM dengan CDMA di daerah dengan kekuatan sinyal yang sama mana yang lebih cepat.
    Terima kasih ya mas bantuannya.

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ale, salam kenal kembali..
    Untuk mengetahui kecepatan akses internet mana yang lebih cepat, silahkan dilihat juga dari besarnya kecepatan akses internet yang diberikan oleh operator di daerah tersebut, serta kemampuan modem untuk menangkap kecepatan yang diberikan. Yang lebih besar tentu itulah yang tercepat.

  32. Ridwan one says:

    Lam knl mas. Saya mu tanya klo hrg prdana’y indosat m2 brpa tnp modem? Kn udh ada Biaya prbulan’y tp knp hrus ada isi ulang? Ma.ap aga bingung n ragu neh mu beli’y..
    Thanx be4..

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ridwan, salam kenal juga..
    Karena menggunakan sistem Prabayar, maka Indosat M2 Broom “tidak ada” biaya bulanan, tetapi bisa diisi ulang dengan menggunakan voucher fisik, maupun elektronik, dsb. Harga perdananya adalah Rp. 150 ribu (telah termasuk voucher 100 ribu untuk 1 bulan. Untuk info lengkapnya, silahkan kunjungi: http://indosatm2.com/index.php/consumer-solution/tariff-information/service:broom

  33. Wahyu Shubby says:

    Hy, lam kenal mas. .
    Saya mau nanya,
    1. Internet pake modem eksternal yg GSM, tapi di daerah yang tidak ada jaringan 3G nya bagus ga ya mas? Kecepatannya beda jauh ga ya?
    2. Kalau menurut mas, jaringan dan modem SMART yang baru itu bagus ga? Bagusan mana dari GSM? Apakah sudah luas jangkauannya?
    3. Kalau pake CDMA apakah sinyal 3G berpengaruh?
    Itu saja mas, terima kasih.

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Wahyu, salam kenal kembali..
    1. Di daerah yang tidak ada 3G atau 3,5G untuk GSM, kecepatan yang berlaku adalah kecepatan GPRS (up to 64 Kbps). Benar mas, kecepatannya jauh di bawah kecepatan 3G.
    2. Saya belum menggunakan Smart, karena jangkauannya belum sampai di tempat saya. Lebih bagus atau tidaknya Smart dari GSM, tergantung dari kecepatan maksimal yang diperbandingkan antara keduanya, dan yang paling bagus tentunya yang kecepatannya lebih tinggi. Jangkauan Smart belum seluas GSM, tapi mungkin saja di tempat mas Wahyu sudah terjangkau.
    3. Untuk GSM dan CDMA masing-masing mempunyai layanan 3G. Jadi, 3G-nya GSM hanya berpengaruh buat GSM, dan 3G-nya CDMA hanya berpengaruh buat CDMA.

  34. Wahyu Shubby says:

    Nanya lagi ni mas,
    1. Bagaimana caranya saya bs tau kalau di tempat saya sudah ada jaringan SMART?
    2. Saya kan orang desa, jadi GSM apa yg bagus jaringannya sampai ke daerah pedesaan yg jaraknya 3km dari sinyal 3G?
    Tq

  35. Wahyu Shubby says:

    Ralat mas : jarak rumah saya dari 3G 5km

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Wahyu,
    1. Mas bisa pinjam Smartnya teman untuk dibawa ke tempat mas, atau bisa dengan membeli kartu perdana Smart biasa untuk dimasukkan ke hp CDMA untuk sekedar mengetest ada atau tidak adanya jaringan. Cobalah lakukan percakapan atau SMS untuk mengetahuinya. Jika lancar, maka akses internet pun biasanya bisa dilakukan.
    2. GSM yang sinyalnya kuat biasanya akses internetnya juga stabil. Jadi mas bisa menggunakan GSM apapun yang sinyalnya paling bagus. Tapi mungkin yang berlaku adalah kecepatan GPRS jika 3G belum sampai.

  36. Yusuf says:

    Kok mahal bgt si?
    Mendingan masang speedy cuma 125rb/bln n’ ga lemot lg alias lelet,
    uh cpedeh,

  37. Bayu says:

    Assalaamu’alaykum wa rohmatULLAh wa barokatuh.
    Mas mnrt anda kartu GSM or CDMA yg sinyalnya kuat bt internet di daerah (diluar jawa) pke kartu apa ya?? sy sdh pke XL ‘n Indosat sinyalnya jelek bgt.
    for informaton : didaerah sy ga ada sinyal 3G, jd hanya bs pke GPRS saja.
    Mohon infonya..
    Syukron,
    Wassalam

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Bayu, wa’alaikum salam wr. wb.
    Biarpun berganti-ganti kartu GSM, tetapi bila di tempat mas belum ada 3G, maka tetap saja kecepatan akses internet tidak akan melebihi kecepatan GPRS yang hanya bisa sampai 64 Kbps. Malah, secara teknis akses internet akan lebih cepat bila menggunakan kartu CDMA, karena kecepatan yang diberikannya bisa sampai 153 Kbps walau di daerah sekalipun, asalkan sudah ada jaringan.
    Untuk mengetahui kartu CDMA apa yang sinyal serta akses internetnya bagus di tempat mas.., harus dilakukan uji coba terlebih dulu, karena di Jawa atau di luar Jawa.. perbedaan lokasi sangat berpengaruh.

  38. Wahyu Shubby says:

    Mas cepi, nanya lagi donk
    1. Apakah telkomsel tflash sma m2 broom bgusan mana? Skrang murah mana y?
    2. Apakah semua hp cdma bsa dgunakan sbgai modem smart?
    Thx mas. .

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas wahyu,
    1. tergantung tempat.
    Di tempat A bisa saja Telkomsel Flash lebih bagus dari Indosat M2 Broom, tetapi di tempat B bisa sebaliknya.
    2. Tidak semua hp CDMA bisa dijadikan modem internet, termasuk untuk Smart

  39. ilham says:

    mas saya mau tanya.
    saya pake m2 broom…dulu waktu saya pake m2 dgn modem hp SE G520 aksesnya itu mayan cepat seh…tapi sekarang saya bli modem huawei e1550 trus pake m2 lagi…tapi keterangan aksesnya itu slalu gprs lemot gitu gal sperti yg waktu pake hp gitu..knp y mas, apa gara-gara modemnya ato harus coba gsm lainnya gitu y..?

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ilham,
    Coba periksa di modemnya, apakah mungkin harus dipilih secara manual speed untuk 3G atau GPRS-nya, atau juga maksimal speednya. Atau mungkin saat dulu menggunakan hp Sonny Ericsson G520 tersebut akases internetnya bisa cepat karena kebetulan kuota speed yang diberikan operator masih dalam speed 3G, sedangkan saat menggunakan modem Huawei kuotanya telah turun ke speed GPRS. Janganlah dulu berganti operator GSM, karena bisa jadi nanti ketemu apa masalahnya, serta kecepatan akases internet bisa normal kembali.

  40. Zaki says:

    Assalamu’alaikum…
    mau tnya ne Mas !
    harga modem usb yg paling murah pa ya !
    trus klo buka warnet pke modem usb lambat ga ?
    Trims.

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Zaki, wa’alaikum salam..
    Kalau modem USB yang untuk harga saat ini:
    Dari CDMA: ada Speed Up SU 6350 U, Venus VT-80, dll., di kisaran harga Rp. 400 ribu ke bawah.
    Dari GSM: ada merk Huawei E1550G, Sony Ericsson MD300, ZTE MF-626, dengan kisaran harga Rp. 500 ribu ke bawah.
    Untuk buka warnet bisa saja 1 modem USB dishare koneksinya untuk beberapa komputer. Tapi tentu di tempat mas Zaki harus sudah masuk jaringan 3G CDMA dengan kecepatan up to 3,1 Mbps, atau HSDPA-nya GSM dari operator internet dengan kecepatan antara 3,6 – 7,2 Mbps. Modemnya juga tentu harus sudah mendukung kecepatan tersebut (modem GSM sudah support, ada yang up to 3,6 atau ada yang up to 7,2 Mbps. tapi untuk modem CDMA masih harus pilih-pilih karena umumnya masih di 153 Kbps). Dan kuota kecepatan tinggi ini harus tetap diberikan oleh operator selama 1 bulan penuh. Aturlah kecepatan tersebut sebaiknya digunakan untuk berapa komputer, supaya kecepatan akses internet tiap komputer bagus, karena semakin banyak share ke banyak komputer, maka otomatis kecepatan akses internet tiap di komputer juga akan semakin berkurang.
    Seandainya sudah masuk Telkom Speedy di tempat mas, saya sarankan gunakan Speedy saja.

  41. Wandi says:

    Ass. Mas thank’z informasinya. Saya mw tanya ni
    1. Kalau hp d pakai sbg modem speed’y bisa smpai brp mas? Bisa ga ampe 7,2 mkbp?
    2. Truz mampu ga kalau buat maen game online dua dimensi? Sperti ragnarok
    Sekedar infrmasi : Di daerah saya ad jaringan 3g. Dan saya berniat mau pake m2 broom. Kira2 gmn mas? Tolong informasi’y

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Wandi, wa’alaikum salam & terima kasih kembali telah membaca artikel saya..
    1. Bisa, tetapi hp tersebut harus mempunyai fitur 3,5G/HSDPA dengan kecepatan 7,2 Mbps pula. Dan dengan syarat, Indosat M2 Broomnya juga harus memberikan kecepatan akses internet hingga 7,2 Mbps.
    2. Pasti mampu untuk digunakan game online juga, jika kecepatan tinggi sudah mendukung

  42. Syifa says:

    Asslmkum..mas sy mau tanya sy sdh mbeli modem gsm yg ada 3.5G/usb HSDPA..tp di daerh sy blm ada jarngn 3G nya.gimana tu mas? Sy hrs pke krtu apa ya.klo Im2 bgs gak ya?

    Cepi Nugraha Reply:

    Syifa, wa’alaikum salam..
    Jika di daerah Syifa belum ada jaringan 3G, maka kecepatan akses internet yang didapat adalah kecepatan GPRS, yaitu maksimal hingga 64 Kbps.
    Kartu GSM apapun bisa, serta baik digunakan sepanjang sinyalnya kuat, karena semuanya juga telah didukung oleh jaringan GPRS. hanya itu tadi, kecepatannya rendah.. tapi masih lumayan kok kalau untuk chatting dan browsing, tapi untuk download file-file yang agak besar akan memakan waktu yang sangat lama.

  43. agungz says:

    mas, mengingat harga telkomselflash udh naek (yg unlimited 400rb!), mending saya pake apa? Sya di daerah malang n btuh yg unlimited (hrga d.bwh 200rb)…

    Sya skrg mnggnakan tlkmselflash simpati 100rb/300mb (sms ke 3636) n mnurut sya memang cpat, tp quota.x yg kcil… Ksh saran donk…

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Agungz,
    Telkomsel Flash unlimited setahu saya masih ada yang di bawah 200ribu/bulan. Silahkan lihat informasinya di menu PRODUK di
    Tetapi Speednya hanya 256 kbps, dan setelah pemakaian 2 Giga, turun menjadi 64 kbps.

  44. Nurk says:

    Ass Kang Cepi….

    Salam kenal…

    Saya sedang mempertimbangkan untuk membeli kartu perdana unlimited GSM.

    Saya cek di internet harganya kok beda2 untuk IM2 Broom Xtra.

    Apakah Kang Cepi tahu berapa harga kartu perdana IM2 yg Broom dan Broom Xtra ?

    Wass…

    Terima kasih,

    Nurk

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Nurk, Wa’alaikum salam..
    Saya dulu beli Perdana IM2 Broom Rp. 150 ribu di Toko Perlengkapan handphone dan komputer.
    Tapi memang harga di pasaran berbeda-beda, hanya untuk melihat harga standar, ada di Indosatnya sendiri. Silahkan mas lihat di situsnya:
    http://indosatm2.com/index.php/consumer-solution/tariff-information/service:broom

  45. Rafi says:

    Kadau ada yg ga bisa pake im3 beli pulsa khusus internet/gprs. Tarifnya Rp0.1 per 1kb dan Rp10 per 30 detik murahkan hahaha. Selamat mencoba

Page 1 of 0
View all comments