Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Bagi Anda yang sudah terbiasa berselancar di dunia maya, mendengar dan menemukan kata atau istilah Affiliate Marketing mungkin sudah bukan hal baru lagi, terlebih bila Anda adalah salah seorang dari pebisnis online, bisa jadi Anda adalah bagian dari Affiliate Marketing itu sendiri. Tetapi bagi Anda yang baru berkenalan dengan dunia maya, mendengar atau menemukan kata Affiliate Marketing mungkin merupakan hal yang baru, dan di sini saya akan memperkenalkan istilah Affiliate Marketing tersebut kepada Anda.

Apa itu Affiliate Marketing?

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Affiliate Marketing adalah “salah satu” cara berbisnis atau cara berpenghasilan lewat internet.

Mengapa Affiliate Marketing?

Banyak orang yang tidak mempunyai produk maupun jasa sendiri untuk dijual di internet, bahkan banyak juga orang yang memang tidak mau repot-repot untuk membuat produk atau jasa yang akan dijual di internet tersebut, affiliate marketing adalah solusinya.

Bagaimana caranya agar bisa menjadi bagian dari Affiliate Marketing?

Seseorang bisa berpenghasilan lewat affiliate marketing dengan cara mendaftarkan diri untuk menjadi sales online dari orang atau perusahaan yang mempunyai affiliate/referrer program tersebut (affiliate merchant adalah sebutan bagi orang/perusahaan tersebut), dan setelah resmi menjadi sales, maka ia bisa memperoleh bayaran atau komisi dari iklan perusahaan yang dipasang di website atau blognya melalui link affiliate miliknya yang ada di iklan tersebut.

Seseorang bisa berpenghasilan lewat affiliate marketing tanpa harus mempunyai produk atau jasa sendiri yang dijual. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri untuk menjadi sales dari perusahaan yang mempunyai affiliate/referrer program, dan setelah resmi menjadi sales, maka ia bisa memperoleh bayaran atau komisi dari iklan perusahaan yang dipasang di website atau blognya dengan link affiliate miliknya yang ada di iklan tersebut.

Sistem pembayaran yang diperoleh beragam. Ada yang dikenal dengan istilah:

PPC (Pay-Per-Click):

Seorang sales akan memperoleh bayaran atau komisi dari tiap-tiap klik iklan yang dipasang di halaman website atau blognya, apabila ada pengunjung yang datang mengklik iklan milik sales tersebut, walaupun tidak sampai terjadi pembelian. Perusahaan penyedia PPC tersebut diantaranya: Google, Adbrite, Bidvertising, dsb.

PPL (Pay-Per-Lead):

Seorang sales akan memperoleh bayaran atau komisi dari tiap-tiap calon pembeli atau prospek (leads) dengan kualifikasi tertentu yang di bawa ke situs penyedia affiliate lewat link milik sales tersebut, walaupun tidak sampai terjadi pembelian. Perusahaan penyedia PPL tersebut diantaranya: Adbivrance.

PPS (Pay-Per-Sale):

Seorang sales akan memperoleh bayaran atau komisi bilamana ada pengunjung ke website atau blognya membeli produk dari iklan di website atau blognya tersebut lewat link affiliate miliknya yang ada di iklan tersebut. Perusahaan penyedia PPS diantaranya: Amazon, Darul-Ishaat

PPP (Pay-Per-Play):

Seorang sales akan memperoleh bayaran atau komisi dari setiap iklan audio yang dimainkan/diputar beberapa detik pada saat seseorang mulai membuka halaman website atau blognya. Perusahaan penyedia PPL tersebut diantaranya: SellingPPP.

Recurring Affiliate Program:

Seorang sales akan memperoleh komisi secara terus menerus dalam periode berkala (biasanya bulanan) sepanjang ada seseorang berlangganan jasa atau produk serta melakukan pembayaran terhadap perusahaan affiliate dalam periode berkala tersebut, danpelanggan datang lewat link milik sales tsb.). Perusahaan penyedia recurring affiliate program tersebut diantaranya: Asian Brain Internet Marketing Center

Dan ada juga yang dikenal dengan istilah-istilah lain seperti Pay-Per-Search, dan sebagainya.

Sampai di sini dulu, mudah-mudahan bagi Anda yang belum mengenal apa itu Affiliate Marketing, sekarang sudah mulai mengenalnya. Semoga bermanfaat… ~ Cepi Nugraha

Artikel terkait: